Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Biaya Derek Mobil di Jalan Tol, Gratis atau Bayar? Ini Jawabannya

Biaya Derek Mobil di Jalan Tol, Gratis atau Bayar? Ini Jawabannya
Foto: Layanan derek di jalan tol (toyota.astra.co.id)

MURIANEWS, Kudus– Derek mobil adalah salah satu layanan yang disediakan pada ruas jalan tol. Derek mobil ini diperlukan untuk memberikan pertolongan pada kendaraan yang mengalami gangguan di jalan tol, seperti mogok.

Bagi pemilik mobil, masih banyak yang bertanya mengenai besarnya biaya menggunakan derek di jalan tol. Lalu berapa sih biayanya?

Melansir dari Suara.com, Jumat (29/4/2022), terkait masalah ini, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, Jasa Marga menyediakan layanan derek kepada pengguna jalan demi kenyamanan.

Baca juga: Polres Siapkan Dua Mobil Derek saat Mudik dan Balik Lebaran

Salah satunya adalah layanan derek di ruas jalan tol Jasa Marga. Menurutnya, layanan derek ini bisa diberikan secara gratis jika memenuhi syarat tertentu.

Layanan derek gratis yang diberikan oleh Jasa Marga adalah jika pengguna jalan yang mengalami gangguan perjalanan atau kecelakaan lalu lintas diderek dari titik kejadian hingga gerbang tol terdekat, pool derek, atau tempat lainnya dalam radius satu kilometer dari akses keluar jalan tol terdekat.

Namun, akan diberlakukan tarif resmi jika pengguna meminta layanan derek dengan tujuan lain yang dikehendaki, di luar radius yang telah ditentukan.

Selain itu, Dwimawan Heru juga menjelaskan dan memberikan simulasi untuk kendaraan golongan I, di mana tarif yang dikenakan kepada pengguna jalan yang diantar sesuai dengan tujuannya adalah tarif awal penderekan sebesar Rp 100.000 dan tarif selanjutnya adalah Rp 8.000 per kilometer.

Sementara itu, untuk kendaraan non-golongan I, maka akan dikenakan tarif awal penderekan adalah sebesar Rp 135.000 dan tarif selanjutnya adalah Rp 10.000 per kilometer.

Adapun sebagai bentuk transparansi, setiap kendaraan derek telah dilengkapi dengan informasi tarif derek ini, sehingga para pengguna jalan juga dapat melakukan kroscek tarif yang berlaku untuk layanan penderekan.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: suara.com

Comments
Loading...