Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Waspada! Ini Bahayanya Suka Main Handphone sebelum Tidur

Waspada! Ini Bahayanya Suka Main Handphone sebelum Tidur
Foto: Ilustrasi (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus– Suka main handphone atau HP sebelum tidur biasa dilakukan banyak orang. Alasannya, dengan main HP bisa cepat mendatangkan kantuk sehingga mudah tidur.

Namun, kebiasaan main HP sebelum tidur sebenarnya memiliki bahaya tersendiri bagi kesehatan. Apa saja?

Melansir dari Hello Sehat, Jumat (29/4/2022), main HP sebelum tidur tampaknya menjadi kebiasaan sepele yang dilakukan semua orang, padahal kebiasaan ini dapat membawa dampak negatif terhadap kesehatan otak dan kualitas tidur Anda.

Baca juga: Ketahui Jenis Vaksin yang Diperlukan Orang Dewasa

Berikut adalah berbagai bahaya main HP sebelum tidur menurut spesialis gangguan tidur, Harneet Walia, MD, serta beberapa sumber lainnya.

1. Membuat otak terus aktif dan waspada

Otak Anda telah bekerja selama seharian penuh dan waktu tidur semestinya menjadi momen bagi otak untuk beristirahat. Namun, main HP sebelum tidur justru merangsang otak sehingga Anda tetap terjaga dan waspada.

Bahkan, otak akan aktif meskipun Anda hanya bermain HP sebentar. Baik itu membuka media sosial, menonton video, atau sekadar membalas chat, semua yang Anda lakukan dengan HP justru akan membuat Anda susah tidur.

2. Paparan cahaya biru menurunkan melatonin

Salah satu bahaya dari main HP sebelum tidur ialah menurunnya melatonin. Melatonin adalah hormon yang otak hasilkan saat kondisi gelap.

Melatonin membantu mengatur ritme sirkadian, termasuk mekanisme tidur dan bangun. Ketika Anda bermain HP sebelum tidur, otak menganggap cahaya biru dari HP sebagai cahaya pada siang hari.

Akibatnya, kadar melatonin menurun sehingga menjadi penyebab insomnia, gangguan mood, dan menurunnya kualitas tidur.

3. Menunda waktu tidur

Apakah Anda sering berniat tidur lebih awal, tapi selalu gagal? Bisa jadi penyebabnya adalah kebiasaan main HP sebelum tidur.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kebiasaan ini merangsang otak sehingga Anda tidak bisa tenang sebelum tidur. Waktu tidur pun jadi tertunda dan Anda tidur terlalu malam dari yang direncanakan.

Jika masalah ini terjadi berulang-ulang, waktu tidur Anda akan berkurang sehingga kualitas tidur ikut menurun.

4. Mengganggu pikiran dan emosi

Ada satu bahaya main HP sebelum tidur yang tak banyak disadari, yakni terganggunya pikiran dan emosi. Dr. Walia bahkan menyebutkan bahwa kebiasaan ini bisa memicu kecemasan sebelum tidur.

Pikiran bisa terganggu ketika membuka media sosial dan menemukan sesuatu yang membuat Anda sedih, marah, atau tidak nyaman.

Tidur dekat ponsel juga membuat membuat Anda mudah teralihkan, entah oleh bunyi notifikasi, musik yang terhenti, atau karena sebab lain.

5. Menghambat fase rapid eye movement (REM) saat tidur

Rapid eye movement (REM) merupakan fase tidur yang ditandai dengan meningkatnya aktivitas otak, pergerakan mata, dan detak jantung. Pada fase inilah Anda tertidur lelap dan bermimpi.

Fase REM biasanya dimulai sekitar 90 menit setelah Anda tertidur. Sayangnya, pikiran yang terganggu karena terlalu sering main HP sebelum tidur bisa menghambat fase REM.

Akibatnya, akan lebih sulit bagi Anda untuk tidur nyenyak.

6. Membuat Anda lelah saat bangun tidur

Main HP sebelum tidur memang tidak menimbulkan bahaya langsung bagi kesehatan. Namun, dalam jangka panjang, kualitas tidur yang menurun dapat membuat Anda lelah setiap bangun tidur.

Anda mungkin jadi tidak memiliki energi untuk beraktivitas dan lebih mudah mengantuk pada siang hari. Jika kondisi ini berlangsung terus-menerus, Anda tentu akan kesulitan dalam melakukan pekerjaan sehari-hari.

7. Menurunkan konsentrasi dan fokus

Kualitas tidur yang buruk akibat main HP sebelum tidur juga dapat menurunkan fokus, konsentrasi, daya ingat, hingga daya pikir. Lama-kelamaan, pikiran Anda akan mudah berkabut sehingga lebih sulit bagi Anda untuk mengambil keputusan.

Sebaliknya, studi dalam jurnal PLoS One menunjukkan bahwa mengurangi pemakaian HP sebelum tidur dapat meningkatkan mood dan daya ingat. Anda bahkan bisa mendapatkan manfaat ini cukup dengan mengurangi main HP 30 menit sebelum tidur.

Main HP sebelum tidur mungkin tidak menyebabkan bahaya langsung bagi kesehatan, tapi kebiasaan ini bisa menurunkan kualitas tidur. Guna menghindari dampak tersebut, cobalah mengurangi pemakaian HP sekitar 30 menit atau 1 jam sebelum tidur.

Anda juga dapat meningkatkan kualitas tidur dengan memperbaiki pola tidur. Biasakan pula tidur dan bangun pada jam yang sama agar jam biologis tidur Anda menjadi teratur.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: hellosehat.com

Comments
Loading...