Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah Tanggal 29 April: Gelar Tinju Muhammad Ali Dicabut Karena Menolak Ikut Wajib Militer

Catatan Sejarah Tanggal 29 April: Gelar Tinju Muhammad Ali Dicabut Karena Menolak Ikut Wajib Militer
Foto: Muhammad Ali (wikipedia.org)

MURIANEWS, Kudus– Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 29 April dari tahun ke tahun. Berikut ini, catatan sejarah tanggal 29 April yang terjadi di berbagai negara yang dihimpun Solopos.com dari beberapa sumber:

1091

Pertempuran antara Kekaisaran Bizantium dan Bangsa Pecheneg pecah di Levounion, Romawi Timur yang disebut dengan istilah Pertempuran Levounion itu, sekitar 60.000 tentara Bizantium berhasil mengalahkan 80.000 tentara Bangsa Pecheneg.

1429

Pasukan Prancis pimpinan Jeanne D’Arc berhasil mengalahkan pasukan Inggris dalam Pertempuran Orleans di Orleans, Prancis. Kemenangan itu merupakan kemenangan pertama yang diraih Prancis dalam Perang Seratus Tahun.

Baca juga: Ini Sejarah Plat Nomor Kendaraan Bermotor di Indonesia yang Perlu Diketahui

1587

Pasukan Angkatan Laut Inggris yang dipimpin Francis Drake menyerang kapal-kapal berbendera Spanyol yang berlayar di wilayah Teluk Cadis, sebelah selatan Spanyol. Sebanyak 23 kapal milik Spanyol tenggelam.

1672

Sekitar 90.000 tentara Prancis yang dipimpin Louis XIV mulai menginvasi Belanda mengawali serangan Prancis di Belanda di masa Perang Prancis-Belanda. Perang selama lebih dari enam tahun berakhir dengan perjanjian damai.

1941

Pasukan Jerman berhasil menduduki seluruh kawasan di Balkan. Selain itu, tentara Jerman juga berhasil mengalahkan pasukan Inggris, Australia, dan Selandia Baru yang berusaha mencegah Jerman menduduki Balkan.

1945

Tentara Amerika Serikat (AS) berhasil membebaskan semua orang yang ditahan militer Jerman di penampungan di Dachau, dekat Munchen, Jerman. Penampungan tersebut juga dijadikan sebagai tempat pembantaian orang-orang Yahudi yang dikenal sebagai Holocaust.

1945

Setelah mengaku kalah dalam Perang Dunia II, pemimpin Jerman Adolf Hitler menikahi Eva Braun di Furherbunker, Berlin, Jerman. Hitler lantas menunjuk Laksamana Karl Donitz untuk menggantikannya dalam memimpin Jerman.

1967

Gelar tinju Muhammad Ali dicabut karena menolak ikut wajib militer. Muhammad Ali (nama lahir Cassius Marcellus Clay, Jr.; 17 Januari 1942 – 3 Juni 2016) adalah mantan petinju professional asal Amerika Serikat yang dikenal secara luas sebagai salah satu tokoh olahraga yang paling penting dan terkenal dari abad ke-20.

Pada tahun 1966, dua tahun setelah memenangkan gelar kelas berat, Ali menolak ikut wajib militer untuk Pasukan Militer Amerika Serikat, serta menentang keterlibatan Amerika dalam Perang Vietnam. Ali kemudian diskors, dan gelar juaranya dicabut oleh Komisi Tinju. Ia berhasil mengajukan banding di Mahkamah Agung Amerika Serikat, yang membalikkan hukumannya pada tahun 1971.

1970

Pasukan Amerika Serikat (AS) mulai menginvasi Kamboja dengan alasan memburu tentara komunis Viet Chong. Invasi itu dilakukan atas perintah langsung dari Presiden AS Richard Nixon.

1974

Anggun Cipta Sasmi dilahirkan di Jakarta pada 29 April 1974 dari pasangan Darto Singo, seorang seniman berdarah Jawa, dan Dien Herdina, kerabat Keraton Yogyakarta. Kini, namanya dikenal luas sebagai penyanyi, pencipta lagu, sekaligus produser rekaman.

2011

Putra Pangeran Charles sekaligus cucu dari Ratu Inggris Elizabeth II, Pangeran William, resmi menikah dengan Catherine Middleton di Westminster Abbey, London, Inggris. Dalam pernikahan itu, status Middleton menjadi sorotan bagi sebagian kalangan.

2015

Sebanyak delapan di antara sembilan terpidana mati kasus narkoba telah dieksekusi secara serentak di Lapangan Tembak Tunggal Panaluan, Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, pada 29 April 2015, pukul 00.25 WIB.

2018

Car Free Day di Jakarta pada 29 April 2018 diwarnai kejadian intimidasi oleh sekelompok orang yang menamakan dirinya Gerakan #2019GantiPresiden terhadap beberapa warga yang menggunakan kaos dengan hashtag #DiaSibukKerja.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Comments
Loading...