Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

METRO JATENG

Polda Siapkan Tim Urai Kemacetan di Sepanjang Jalur Mudik di Jateng

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy Saat memberikan keterangan kepada wartawan (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Iqbal Alqudusy mengaku sudah menyiapkan tim urai kemacetan di sepanjang jalur mudik baik tol maupun non-tol.

“Personel (tim urai) sudah digelar mulai Pantura sampai jalur selatan-selatan. Untuk itu masyarakat agar tidak ragu berkoordinasi dengan petugas bila menghadapi permasalahan di jalan saat melakukan perjalanan mudik,” Katanya.

Iqbal juga meminta masyarakat memperhatikan kondisi kesehatan dan tidak memaksakan diri melanjutkan perjalanan bila kondisi badan kurang fit.

“Polri juga mengimbau pada pengguna jalur tol untuk tertib dan tidak menggunakan bahu jalan tol untuk istirahat. Hal ini sangat berbahaya karena bisa mengakibatkan laka lantas dan mengakibatkan pelambatan arus kendaraan,” jelasnya.

Sementara itu, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jateng bersama pejabat Polda Jateng melakukan pamantauan arus mudik di Jawa Tengah menggunakan helikopter, Jumat (29/4/2022).

Hasilnya, Polda menyebut penerapan one way pada jalur tol di wilayah Jateng berjalan lancar dan tidak ada pelambatan laju kendaraan.

“Arus lalu lintas pada saat one way, cukup terkendali. Tidak ada pelambatan atau lonjakan arus kendaraan yang signifikan. Demikian juga pada jalur non-tol pantura. Tidak ada kenaikan volume kendaraan yang signifikan,” kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Kombes Pol Agus Suryonugroho

Kondisi yang sama, lanjut dia, juga terjadi pada arus kendaraan arah Jakarta. Berdasar pantauan, tidak terjadi kenaikan Jumlah kendaraan yang signifikan. Arus lalu lintas masih terlihat lancar.

Ia menyebut kondisi arus yang tergolong lancar ini dipengaruhi oleh beberapa faktor.

“Beberapa faktor yang berpengaruh antara lain seperti program mudik gratis dari pemerintah pusat, banyaknya warga yang memilih mudik naik moda transportasi umum seperti kereta api, atau pesawat. Selain itu adanya akses jalur alternatif mudik di sejumlah daerah,” jelasnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...