Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Dinkes Pastikan Puskesmas dan Rumah Sakit di Karanganyar Tetap Buka Selama Libur Lebaran

Ilustrasi. Sejumlah nakes saat memeriksa pasien. (Dok MURIANEWS)

MURIANEWS, Karanganyar — Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar memastikan semua puskesmas dan rumah sakit tetap buka selama libur dan cuti Lebaran. Hal itu dilakukan supaya pelayanan kesehatan bagi masyarakat tak terkendala dan bisa dilakukan dengan maksimal.

Kepala Dinkes Karanganyar, Purwati, mengatakan ada ratusan tenaga kesehatan yang dikerahkan di semua pos pengamanan Lebaran. Selain itu ada juga yang disebar di Puskesmas. Hanya, sistem kerja yang diterapkan akan menggunakan sistem sif bagi petugas medis di pusat layanan tersebut.

“Jumlah personel Dinkes banyak, kita terjunkan agar dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat saat membutuhkan pertolongan,” ungkap Purwati seperti dikutip Solopos.com, Jumat (29/4/2022).

Ia mengatakan seluruh puskesmas di Karanganyar yang berjumlah 22 unit tidak ada yang tutup, termasuk layanan instalasi gawat darurat (IGD). Begitu pula pelayanan kesehatan di rumah sakit tetap buka.

Selama libur Lebaran, rumah sakit dan puskesmas membuka layanan reguler. Purwati mengatakan sistem sif jaga diberlakukan pada hari H Idulfitri.

“Layanan tetap normal dengan pengaturan jadwal kerja yang disesuaikan,” katanya.

Selain bersiaga di puskesmas, Dinkes menyiagakan layanan gawat darurat PSC 119 di nomor whatsapp 0812-2620-0202 dan hotline (0271) 495226. PSC akan merespons cepat selama 24 jam. Mobil ambulans juga disiagakan.

Selain menyiagakan petugas medis, Dinkes juga menyiapkan obat-obatan bagi pemudik yang dapat diperoleh dengan gratis. Purwati memprediksikan masalah gangguan pencernaan mendominasi keluhan masyarakat saat meminta pengobatan di layanan kesehatan selama Lebaran.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...