Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Lomba Jurnalistik Selesai Digelar, Ini Pesan PWI Pati

Lomba Jurnalistik Selesai Digelar, Ini Pesan PWI Pati
Penyerahan hadiah Lomba Jurnalistik di Aula Mapolres Pati, Jumat (29/4/2022). (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Lomba jurnalistik yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pati dengan Polres Pati dan Kodim 0718/Pati selesai digelar.

Para pemenang lomba yang bertema, Kita, Polisi dan TNI dari berbagai kategori pun sudah diumumkan. Penyerahan hadiah juga telah dilakukan di Aula Mapolres Pati, Jumat (29/4/2022).

Adapun para pemenang lomba, yakni, kategori Foto Umum, posisi pertama dimenangkan Beni Aryanto, disusul Supriyanto dan Dani Patlyani Rollis.

Baca: Harga Naik, Pasar Tradisional Pati Masih Sepi Pembeli Jelang Lebaran

Kemudian, kategori Reel Instagram, juaranya Rizal Andina W. Posisi kedua didapatkan Heri Purwaka, dan ketiga Lorien Oksa Nurajay.

Selanjutnya, kategori foto jurnalistik dimenangkan Rif’an Zaenal Ehwan. Di posisi kedua Angga Saputra dan ketiga Sumarto. Terakhir, kategori penulisan berita juaranya Ahmad Moharror. Posisi kedua diraih Ahmad Ulil Albab dan ketiga Raden Beni Dewa Brata.

“Lomba ini hasil diskusi kami dan jajaran polres untuk meningkatkan kreatif wartawan dan masyarakat dalam hal menulis, mengambil gambar dan video,” ujar Ketua PWI Pati Noor Effendi dalam sambutannya.

Ia berharap kemampuan wartawan dalam menyajikan berita semakin meningkat dengan adanya lomba ini, sehingga, karya mereka bermanfaat bagi masyarakat. Wartawan juga diharap lebih jeli dalam menulis berita maupun mengambil gambar.

“Fakta bisa digunakan mengedukasi. Bad news is bad news, good news is good news. Informasi yang negatif bisa menjadi baik dengan pembelajaran,” tutur dia.

Ia menyontohkan kasus pemuda tongtek yang menggunakan senjata tajam. Meskipun berita ini negatif, namun bisa diambil pelajaran bahwa hal itu tidak baik dan tidak patut dicontoh.

“Akhirnya masyarakat tidak mengambil negatif saja tetapi ada diedukasi,” kata lelaki yang akrab disapa Mas Pe ini.

Sementara itu, Kapolres Pati, AKBP Cristian Tobing berharap lomba ini dapat menimbulkan motivasi dan semangat dalam rangka membangun kualitas. Baginya kegiatan semacam ini merupakan kegiatan yang positif dan perlu diteruskan.

“Saya sebagai Kapolres mengucapkan terima kasih sebagai panitia dan Dandim yang mendukung dan mensupport. Tema yang dibangun ini juga penting sebagai benteng negara,” tandas AKBP Christian Tobing.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...