Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Harga Naik, Pasar Tradisional Pati Masih Sepi Pembeli Jelang Lebaran

Harga Naik, Pasar Tradisional Pati Masih Sepi Pembeli Jelang Lebaran
Bupati Haryanto melakukan monitoring harga di Pasar Sleko, Pati. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Beberapa harga komoditas barang di pasar tradisional Pati mengalami kenaikan menjelang Lebaran ini. Kenaikan harga itu membuat sepinya pembeli di sana.

Kenaikan terjadi di beberapa kebutuhan masyarakat. Di antaranya telur, sayuran, tempe, cabai, ikan panggang dan beberapa daging. Kenaikan dinilai tidak terlalu signifikan.

Bupati Pati Haryanto bersama dinas terkait meninjau langsung pasar-pasar itu, Jumat (29/4/2022). Menurutnya, kenaikan kebutuhan pokok itu masih wajar.

Baca: Hindari Jalan di Pati Ini Saat Mudik Lebaran, Macet!

“Memang ada kenaikan. Tetapi kenaikan itu, wajar. Kebutuhan pokok misal ada daging (sapi), ayam, itu kenaikan masih wajar dan terjangkau,” kata Haryanto.

“Sedangkan kebutuhan pokok lainnya, peningkatan tidak begitu banyak. Itu wajar karena pada setiap menjelang hari raya pasti ada,” imbuhnya saat monitoring Pasar Sleko Pati.

Meskipun demikian pembeli masih sepi. Haryanto menilai sepinya pembeli ini lantaran Lebaran belum terlalu dekat.

“Pedagang sepi memang ada. Mungkin belum dekat Lebaran. Mungkin hari sabtu minggu ada kenaikan pembeli,” lanjut Haryanto.

Haryanto dan rombongan pun menborong sejumlah kebutuhan pokok. Langkah ini sesuai dengan intruksi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang meminta ASN melarisi pedagang kecil.

Tak hanya itu saja, kepada sejumlah pedagang, pihaknya pun memberikan nasihat dan motivasi. Di antaranya ialah, jangan sampai menjual kebutuhan pokok dengan harga yang terlalu tinggi, karena bisa ditinggal pergi pembeli.

Namun, jual dengan harga yang sepadan. Sebab, meskipun untungnya memang tidak tinggi, pasti selalu didatangi pembeli.

Usai berkeliling memantau kondisi harga kebutuhan pokok, Bupati pun sempat menemui dan memberikan sedikit sedekahnya untuk sejumlah tukang becak yang mangkal di depan Pasar Sleko Pati.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...