Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Cerita di Balik Kue Lebaran Serba Ikan Khas Jepara

Cerita Dibalik Kue Lebaran Serba Ikan Khas Jepara
Aneka kuliner serba ikan laut khas Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Kabupaten Jepara memiliki kue Lebaran yang sangat khas. Camilan suguhan saat Lebaran itu berisikan ikan yang diolah dalam bentuk abon.

Salah satu industrinya ada di Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Beragam jenis kue Lebaran yang memiliki isian daging sapi atau ayam, diganti dengan ikan laut.

Ana, salah satu karyawan pada produsen kuliner itu, menceritakan awalnya kreasi makananan itu untuk membujuk anak-anak agar mau makan ikan.

Baca juga: Luwesnya Bupati Jepara Menari Bersama 250 Penari di Hari Tari Dunia

Caranya, dengan mengubah bentuk ikan utuh menjadi abon lalu dimasukkan ke jajan seperti pastel.

“Dari situ malah keterusan produksi banyak. Sudah tiga tahun lalu kami memulai,” kata Ana, baru-baru ini.

Dirinya menyebut, kreasi-kreasi kue itu terus berkembang menjadi beragam jenis, seperti pastel isi ikan tongko, kue kering tepung bandeng, sumpiya ikan, dan crapstik rajungan.

Aneka kuliner serba ikan laut khas Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

Tak hanya itu, muncul juga kreasi olahan makanan harian seperti bakso, nugget dan abon yang berbahan ikan.

Dia memastikan semua bahan baku berupa ikan diambil dari lokal. Pasalnya, Desa Bandengan menghadap langsung ke laut dan sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai nelayan.

Ana tak mengira kalau kreasi itu bisa membuat banyak lidah ketagihan. Pelanggannya pun sudah berasal dari berbagai kota di Jawa Tengah. Seperti jelang lebaran ini, pesanannya dari dalam dan luar kota cukup banyak.

Soal harga, dibanding dengan rasanya yang gurih dan lezat, tak bisa dikatakan mahal. Satu stoples pastel isi abon ikan tongkol misalnya, hanya dihargai Rp 30 ribu. Untuk jenis-jenis kuliner yang lain pun harganya tak beda jauh dengan pastel khas Jepara itu.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...