Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mudik Lebaran, 504 Nakes Sragen Diterjunkan untuk Layani Pemudik

Ruang pos pelayanan kesehatan di rest area km 519B Masaran, Sragen, cukup nyaman dan dilengkapi dengan pendingin ruangan dan ketersediaan obat-obatan, Jumat (29/4/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

MURIANEWS, Sragen — Sebanyak 504 tenaga kesehatan (Nakes) di Sragen dikerahkan untuk melayani pemudik. Ratusan nakes tersebut akan disiagakan untuk mengecek vaksin di posko-posko pelayanan kesehatan yang dilalui para pemudik.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sragen, Hargiyanto mengatakan, ratusan nakes tersebut diambilkan dari puskesmas dan rumah sakit (RS), baik RS swasta maupun RS milik Pemkab Sragen.

“Mereka ini bertugas mengecek vaksin. Melayani vaksinasi bagi pemudik, sosialisasi bagi pemudik yang membutuhkan pelayanan vaksinasi atau tes, dan pelayanan kesehatan lainnya. Mereka tidak mendapat insentif karena sudah menjadi tugas dan pekerjaan mereka,” ujar Kepala Dinkes Sragen, Hargiyanto seperti dikutip Solopos.com, Jumat (29/4/2022).

Ia menjelaskan, setiap pos pelayanan kesehatan itu ada satu dokter, dua perawat, dan satu sopir ambulans. Bila dibutuhkan rujukan maka langsung bisa dilakukan penanganan.

”Dengan kebutuhan empat personel per sif dan sehari minimal dua sif maka nakes yang diterjunkan itu tujuh posko kali delapan orang kali sembilan hari, terhitung sejak 28 April-8 Mei mendatang. Total ada 504 orang nakes,” terangnya.

Ia pun menyebutkan, setidaknya ada tujuh posko pelayanan kesehatan bagi pemudik yang tersebar di Kabupaten Sragen 2022. Ketujuh posko tersebut yakni Pos Peyalanan Exit Tol Sragen Timur (Toyogo, Sambungmacan, Sragen), Pos Pengamanan Pilangsari Ngrampal, Sragen, Pos Pengamanan Alun-alun Sragen, dan Pos Pos Terpadu Exit Tol Pungkruk, Sidoharjo.

”Selain itu, ada juga di Pos Pelayanan Rest Area Tol Km 519A Masaran, Pos Pelayanan Rest Area Tol Km 519B Masaran, dan Pos Pengamanan Gemolong, Sragen,” urainya.

Hargiyanto pun berharap dengan adanya posko kesehatan ini, para pemudik bisa memanfaatkannya semaksimal mungkin supaya Mudik Lebaran 2022 bisa berjalan aman.

”Nah, bagi pemudik yang tiba-tiba sakit atau kutrang enak badan bisa memeriksakan diri di posko kesehatan tersebut,” imbuhnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...