Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Hindari Jalan di Pati Ini Saat Mudik Lebaran, Macet!

Hindari Jalan di Pati Ini Saat Mudik Lebaran, Macet!
Jalan Pati-Rembang saat mengalami kecamatan pada Maret 2022 lalu. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Pemetaan jalan di Kabupaten Pati yang rawan kemacetan saat mudik Lebaran 2022 telah dilakukan kepolisian setempat. Jalan yang rawan macet itu adalah Jalan Pati-Rembang.

Menurut Kapolres Pati, AKBP Christian Tobing, jalan di jalur pantura itu mengalami kerusakan di beberapa titik. Karena kerusakan itu, pengendara harus mengurangi keceparannya. Kondisi itu yang menyebabkan jalan tersebut rawan terjadi kemacetan.

Daerah ini sempat mengalami kemacetan pada Maret 2022 lalu. Saat itu kemacetan diakibatkan adanya pengerjaan jalan dan arus lalulintas yang dibuat satu jalur tak bisa dilalui. Saat ini, pengerjaan jalan sudah dihentikan sementara.

Baca: Mau Hindari Macet di Pantura Pati, Ini Jalur Alternatifnya

“Rawan kemacetan di Jalur Pantura. Ada beberapa ruas jalan yang rawan kemacetan seperti daerah Batangan yang beberapa titik jalannya mengalami kerusakan,” tutur AKBP Christian Tobing, Jumat (29/4/2022).

Kendati demikian, ia yakin pihaknya bisa mengatur lalulintas di daerah itu, sehingga kemacetan tidak terjadi. Pihaknya menyiapkan pos pengamanan (Pospam) di Kecamatan Batangan. Tepatnya di Desa Batursari.

“Dengan adanya pos di Batangan kita akan antisipasi agar tidak ada macet dan laka lantas,” ujar Christian Tobing.

Baca: Jalan Pantura Pati-Rembang Macet, Jalur Alternatifnya Rusak

Selain di Batangan, Pospam juga didirikan di Terminal Kambangjoyo, depan Gor Pesantenan Kecamatan Pati Kota dan depan Pabrik Kacang Dua Kelinci Kecamatan Margorejo.

Ia memprediksi arus mudik Lebaran pada tahun ini terjadi pada H-2 dan H-1 Idulfitri. Mengingat pada saat itu, cuti bersama sudah terjadi. “Puncak arus H-1 dan H-2,” ujar dia.

Untuk mengamankan mudik Lebaran, selain menyiapkan pospam, pihaknya juga mengerahkan 750 personel gabungan. Mereka pun disiapkan dalam Apel Pasukan Operasi Ketupat Candi tahun 2022 di Halaman Stadion Joyokusumo, Jumat (22/4/2022).

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...