Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kursi Firman di DPRD Grobogan Resmi Diganti Santoso Melalui PAW

Kursi Firman di DPRD Grobogan Resmi Diganti Santoso
Suasana pelantikan Santoso menggantikan Firman dalam rapat paripurna DPRD Grobogan, Kamis (28/4/2022). (MURIANEWS/Istimewa dok. DPRD Grobogan)

MURIANEWS, Grobogan – Kursi Firman Tri Hertanto di DPRD Kabupaten Grobogan resmi dialihkan pada Santoso. Politisi Partai Gerindra itu diganti karena terjerat kasus penyalahgunaan narkoba tahun lalu.

Pelantikan dan pengucapan janji diangkatnya Santoso sebagai anggota DPRD Grobogan dilakukan dalam Rapat Paripurna, Kamis (28/4/2022). Santoso kemudian menjadi menempati posisi anggota Komisi A DPRD Grobogan.

Terpilihnya pengusaha asal Desa Sulursari, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan itu, karena perolehan suaranya tepat di bawah langsung dari suara Firman.

Baca: Anggota DPRD Grobogan Ditangkap Polisi karena Ganja, Pengakuannya untuk Atasi Insomnia

“Beliau suaranya di bawahnya Firman langsung, di bawah persis. Menurut peraturan KPU kan seperti itu, yang berhak menggantikan, pemilik suara terbanyak di bawahnya,” tutur Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo, Jumat (29/4/2022).

Ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto menyatakan, Firman telah resmi diberhentikan sebagai anggota DPRD berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 170/97 Tahun 2021 tanggal 29 September 2021. Usulan dimaksud telah ditindaklanjuti oleh Pimpinan DPRD Grobogan dengan mengusulkan peresmian pengangkatan Pengganti Antar Waktu (PAW).

“Setelah melalui beberapa tahap proses administrasi dan verifikasi, baik di Sekretariat DPRD maupun di KPU Kabupaten Grobogan, Gubernur Jawa Tengah telah menindaklanjuti usulan dimaksud,” terangnya.

Tindak lanjut tersebut ditandai dengan diterbitkan Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor : 170/22 Tahun 2022 tanggal 19 April 2022 tentang Peresmian Pengangkatan Pengganti Antar Waktu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Grobogan Masa Jabatan tahun 2019 – 2024.

Sebagaimana diketahui, Firman ditangkap polisi gara-gara kedapatan mengkonsumsi ganja pada 5 Mei 2021 lalu. Dia ditangkap di rumahnya.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

 

Comments
Loading...