Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

METRO YOGYAKARTA

Woro-Woro! Wisata Keraton Yogyakarta Tutup Tiga Hari, Buka Lagi 5 Mei

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dari Alun-ALun Utara. (Jogjakota.go.id)

MURIANEWS, Yogyakarta – Destinasi wisata di lingkungan kompleks inti Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat stutup selama tiga hari, 2-4 Mei 2022. Penutupan tersebut dilantarkan sedang masa Lebaran.

Carik Tepas Museum Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau Keraton Yogyakarta, Nyi Raden Wedono Noorsundari menjelaskan keraton kembali buka kunjungan wisatawan pada Kamis (5/5/2022) dengan tetap melakukan pembatasan.

“Untuk pembatasan masih seperti sebelumnya, pengunjung antara 250 sampai 500 orang. Kalau saat normal bisa sampai 5.000 pengunjung, sebenarnya bisa menerima 500 pengunjung, tetapi nanti kami menunggu dawuh,” katanya seperti dikutip Solopos.com, Jumat (29/4/2022).

Secara umum destinasi wisata Keraton Jogja berada di ruang terbuka. Hanya beberapa yang harus masuk ke ruangan tertentu untuk melihat suatu koleksi maupun di museum.

“Tempatnya terbuka, biasanya kami terima tamu beberapa, kalau harus masuk ruangan tertentu diatur, ada pembatasan,” ucapnya.

Saat libur Lebaran 2022 Keraton merencanakan memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk melihat ruang pamer lukisan secara gratis. Ruang tersebut akan dibuka dari libur Lebaran sampai akhir Mei 2022.

“Karena ada pembatasan menunggu persetujuan Gusti [Penghageng]. Nanti ruang pamer lukisan akan dibuka gratis selama lebaran sampai akhir bulan Mei,” ucapnya.

Keraton Yogyakarta memastikan melakukan banyak persiapan untuk mengantisipasi ledakan kunjungan saat libur Lebaran.

“Untuk menarik minat wisatawan, selain itu kami akan mulai melakukan tatanan baru, dibikin interior yang ada di dalam Kraton salah satunya adalah museum ruang pamer lukisan. Berbagai pengumuman akan diupdate di website dan medsos Keraton,” katanya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...