Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Leopard Gecko, Si Tokek Cantik Pembawa Cuan Pria di Kudus Ini

Salah satu koleksi tokek leopard. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Reptil sejenis tokek biasa dicari untuk berbagai keperluan. Ada yang percaya untuk obat, ada juga untuk dipelihara sebagai hobi, seperti tokek leopard (leopard gecko) yang cantik ini.

Tokek dengan nama ilmiah eublepharis macularius itu biasa ditemui di Pakistan, India dan Iran. Tokek cantik ini kini menjadi peliharaan yang banyak dicari, karena cukup mudah merawatnya.

Alhasil, cuan pun mengalir bagi penghobi yang beternak tokek leopard ini. Salah satunya Tommy Maranthika Immanuel, warga Perumahan Muria Indah Blok F nomor 05, Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Ia mengoleksi beragam jenis leopard gecko. Mulai dari jenis raptor, eclipse, super hypo tangerine carrot tail (shtct), macksnow, dan albino tremper. Kemudian ada jenis snow tremper, snow eclipse, dan snow raptor, lemon frost, dan blizard.

“Di tahun 2006 ketemu peternak leopard gecko di Kudus saat acara gathering. Dari situ saya coba cari-cari info dari Kaskus dan Facebook tentang Leopard Gecko,” katanya, Jumat (29/4/2022).

Baca: Pasutri di Banyumas Ditangkap Kasus Penipuan Umrah, Uang Korban untuk Bisnis Tokek

Kemudian, dia mulai membeli sepasang jantan dan betina jenis Super Hypo Tangerine Carrot Tail (SHTCT). Dia membeli dua ekor Leopard Gecko itu seharga Rp 800 ribu.

“Usianya satu bulan. Masing-masing ekor panjangnya saat itu masih 10 sentimeter. Terus saya belajar memelihara dulu, saya besarkan sampai bertelur dan coba saya kawinkan,” sambungnya.

Menurutnya, satu ekor leopard gecko betina bertelur setiap dua pekan sekali. Biasanya proses bertelur dapat terjadi hingga enam kali setiap dua pekan.

“Karena bertelur terus kan akhirnya punya banyak. Terus saya beli indukan supaya punya jenis yang berbeda. Setelah itu saya kawinkan. Ternyata berhasil,” ujarnya.

Baca: Berani Coba Kuliner Ekstrem Rica-Rica Kobra dan Biawak di Kudus Ini?

Hasil dari ternakan itu bisa ia jual dan mendapat untuk yang lumayan. Tiap ekor bisa dijual dengan harga Rp 100 ribu hingga Rp 1 juta. Dia menjual lewat Facebook dan Marketplace.

“Harganya tergantung dari jenis Leopard Gecko nya dan usianya. Warna juga memengaruhi,” imbuhnya.

 

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...