Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

NOC Indonesia Sebut SEA Games 2021 Hanya Ujicoba Sebelum ke Asian Games 2022

Raja Sapta Octohari
Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari.(Instagram.com)

MURIANEWS, Jakarta- NOC (National Olympic Comite) Indonesia, menyatakan SEA Games 2021 merupakan uji coba bagi para atlet sebelum ke Asian Games 2022 di Hangzhou, China, September mendatang dan Olimpiade Paris 2024. Karena itu, para atlet diminta tidak hanya focus pada masalah bonus saja.

Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari menyatakan hal ini, untuk menegaskan kembali, bahwa SEA Games kini bukan lagi menjadi target bagi arah pembangunan olahraga prestasi Indonesia. Sehingga, bonus tidak boleh menjadi satu-satunya fokus atlet saat bertanding di SEA Games 2021 nanti.

“Kami tidak memiliki target-target di Vietnam. Kami menganggap SEA Games sebagai batu loncatan menuju Asian Games dan Olimpiade,” ujar Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari, dilansir dari CNN Indonesia.com.

BACA JUGA: NOC Butuh Waktu Satu Bulan Tangani Sanksi WADA

Dikatakan oleh Okto, bonus tidak boleh menjadi satu-satunya fokus atau motivasi para atlet di SEA Games 2021 ini. Bonus tetap akan diberikan namun pihaknya tidak mau mengungkap berapa besaran bonus yang akan diberikan pemerintah.

“Soal bonus, nanti pada saatnya akan diberikan pada saat tersedia. Kami tidak akan sampaikan ke publik sebelum event [dimulai]. Kami ingin utamakan performa terbaik dulu untuk SEA Games ini,” kata Okto di Jakarta, Kamis (28/4).

Sementara itu rombongan NOC Indonesia sebagai fasilitator atlet di SEA Games 2021 akan mulai bertolak ke Hanoi pada 3 Mei 2022 ini. Meski SEA Games 2021 secara resmi baru dibuka pada 12 Mei 2022, namun untuk cabor sepak bola sudah akan memulai pertandingan pada 6 Mei 2022.

“Tanggal 3 [Mei] berangkat. Kami harus langsung siap-siap setelah Idulfitri karena sepak bola juga sudah main tanggal 6 [Mei],” kata Okto Saptahari menambahkan.

NOC Indonesia juga akan fokus berbenah untuk memfasilitasi atlet di kualifikasi Olimpiade 2024 setelah SEA Games 2021 usai. Okto berharap jumlah atlet dan cabor yang diikuti untuk pentas olahraga terbesar di dunia itu, jumlahnya bisa meningkat.

“Kualifikasi Olimpiade Paris akan dimulai sebentar lagi. Kami harus sangat selektif untuk nomor-nomor yang bisa ikut. Tentunya standar di masing-masing cabor berbeda. Tapi kami akan pelajari seksama bahwa tujuan kami itu Olimpiade,” ucap Okto menegaskan.

Penulis: Budi Erje
Editor: Budi Erje
Sumber: CNN Indonesia

Comments
Loading...