Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

INFO MUDIK LEBARAN 2022

Masuk Ke Pelabuhan Merak, Kendaraan Antre Sejak Kamis

kendaraan nampak mengantre di pelabuhan Merak (cnnindonesia.com)
kendaraan nampak mengantre di pelabuhan Merak (cnnindonesia.com)

MURIANEWS, Jakarta- Arus mudik lebaran 2022 terus mengalami kenaikan. Bakan hari ini,Jumat (29/4/2022) yang merupakan puncak mudik, Sebagian besar ruas jalan tol mengalami kemacetan. Sehingga Korlantas Polri pun memberlakukan kebijakan one way atau lalu lintas satu arah.

Hal yang sama juga terjadi di Pelabuhan Merak. Banyak kendaraan yang hendak melakukan penyeberangan menggunakan kapal. Tetapi mereka terpaksa harus antre lebih lama. Bahan kendaraan yang antre sejak kamis kemarin, hari ini baru bisa melakukan penyebrangan.

Dikutip dari CNNindonesia.com, hingga pukul 10.15 WIB tadi, ruas jalan tol di KM 95.600 semakin dipenuhi kendaraan dengan kondisi padat merayap.

Setelah keluar dari tol, petugas memberlakukan tutup-buka jalan arteri karena terjadi penumpukan kendaraan di area pelabuhan. Penumpukan terjadi karena banyak angkutan melakukan bongkar pasang bawaan.

Baca: Tol Purbaleunyi dari Bandung-Jakarta Macet Parah

Tutup-buka jalan itu dilakukan mengikuti kepadatan di pelabuhan demi mengurai kepadatan yang ada. Kendaraan silih berganti masuk ke Pelabuhan Merak, namun pergerakannya lambat. Kendaraan didominasi oleh mobil pribadi dan bus Antar Kota dan Antar Provinsi (AKAP).

Sebelumnya, Jalan arteri Kota Cilegon, Banten, dipadati pemudik. Jika dihitung dari Pelabuhan Merak hingga ujung kemacetan di depan kantor Walikota Cilegon, berjarak sekitar 10 kilometer.

Pantauan di jalan arteri pusat Kota Cilegon pada Jumat (29/4/2022) sekitar pukul 03.45 WIB, banyak kemudian yang beristirahat sembari santap sahur di trotoar depan kantor Walikota dan gedung DPRD Cilegon.

Baca: Macet! Antrean Keluar Tol Cikampek Mengular Hingga 3 KM

Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Shinto Silitonga meminta kesabaran pengemudi terkait kepadatan di jalur arteri.

“Kami yakinkan kapasitas di pelabuhan masih cukup lengang sesuai tampilan kita, dengan pengaturan yang baik sesungguhnya kita bisa menempatkan kendaraan tersebut di kantong parkir menuju ke dermaga kapal masing-masing,” katanya.

Kombes Shinto menerangkan pemudik diarahkan keluar melalui sejumlah gerbang tol untuk mengurangi kepadatan di dalam tol Tangerang-Merak. Di jalur arteri, pemudik bisa lebih nyaman diperjalanan karena bisa mendapatkan bekal diperjalanan dan akses ke toilet atau tempat istirahat dengan lebih mudah.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: CNNIndonesia.com

Comments
Loading...