Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

METRO JATENG

Bareng Pemudik, Ganjar dan Istri Ikut Pulang Naik Kereta Ekonomi

Gubernur Ganjar Pranowo berbincang dengan para pemudik di dalam kereta api. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Jakarta – Sebanyak 320 pemudik dari Jakarta dilepas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menggunakan kereta api, Jumat (29/4/2022). Sehari sebelumnya, Ganjar juga melepas 5.748 pemudik yang diberangkatkan menggunakan 126 bus.

Pelepasan pemudik menggunakan kereta dilakukan Ganjar di Stasiun Pasar Senen. Para pemudik gratis ini diangkut menggunakan KA Tawang Jaya Premium jurusan Jakarta-Semarang yang berangkat pukul 07.30 WIB.

Tak hanya melepas pemudik, Ganjar bersama istri, Siti Atikoh juga ikut mudik pulang ke Semarang bersama penumpang di kereta kelas ekonomi itu.

Saat masuk ke dalam kereta, Ganjar langsung disambut hangat para pemudik yang ada di sana.

Baca: Datang ke Jakarta, Ganjar Lepas 126 Bus Rombongan Mudik Gratis ke Jateng

Ganjar menyempatkan diri untuk menyapa ratusan pemudik yang menaiki kereta itu. Ia menyusuri gerbong kereta dan mengobrol bersama masyarakat di sana.

Ganjar Pranowo mengatakan, pihaknya menyiapkan dua moda transportasi untuk mudik gratis tahun ini. Kemarin pihaknya melepas 126 bus dan hari ini melepas pemudik menggunakan kereta api.

“Saya lihat semuanya senang, mereka sudah dua tahun nggak bisa mudik, kita bantu. Kemarin saya lepas pemudik menggunakan bus dan antusiasnya tinggi sekali. Bahkan tadi malam saya ditelpon masih ada yang ketinggalan. Akhirnya malam-malam saya carikan tiga bus lagi agar saudara-saudara kita bisa pulang,” katanya.

Tak hanya bus, antusiasme pemudik menggunakan kereta api juga tak kalah tinggi. Bahkan dari 320 seat yang disediakan dalam mudik gratis tahun ini, semuanya habis dalam waktu singkat.

“Hari ini yang pakai kereta dan peminatnya juga banyak sekali. Kereta ini kan jauh lebih nyaman, lebih enak karena relatif tidak antre di pintu tol. Ya mudah-mudahan dengan program ini, masyarakat bisa pulang kampung dengan aman dan nyaman,” ucapnya.

Baca: Rombongan Mudik Gratis Tiba di Kudus

Para pemudik menyambut Ganjar dengan antusias. Mereka langsung mengerumuni Ganjar untuk bersalaman dan meminta foto Bersama dan berterimakasih.

“Terima kasih pak, kalau bisa tiap tahun ada mudik gratis seperti ini. Ini sangat bermanfaat dan membantu sekali buat wong cilik seperti kami,” kata Mamat Sukarno,60.

Warga asli Demak yang sehari-hari kerja sebagai kuli bangunan di Jakarta ini merasakan sekali manfaat mudik gratis. Setiap pulang ke desanya, biasanya ia harus mengeluarkan ongkos Rp 570.000.

Alhamdulillah bersyukur sekali ada gratisan dari pak Ganjar. Kalau ada gratisan seperti ini, nanti uangnya yang tidak digunakan beli tiket bisa buat beli daging di kampung,” ucapnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...