Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Benarkan Minum Air Lemon Bisa Meredakan Gejala Sakit Maag? Simak Penjelasannya

Benarkan Minum Air Lemon Bisa Meredakan Gejala Sakit Maag? Simak Penjelasannya
Foto: Air lemon (freepik.com)

MURIANEWS, Kudus– Terapi dengan minum air lemon banyak dilakukan pengidap maag. Mereka percaya jika minum air lemon ini bisa membantu meredakan gejala sakit maag. Benarkan demikian?

Melansir dari Hello Sehat, Kamis (28/4/2022), tidak sedikit orang yang percaya bahwa minum air dari buah lemon dapat membantu meredakan gejala sakit maag.

Sayangnya, peneliti baru-baru ini justru mengungkapkan fakta sebaliknya, yaitu efek air lemon dapat memperparah gejala maag.

Baca juga: Minum Kopi Campur Lemon, Benarkah Ada Khasiatnya? Ini Penjelasannya

Kenapa minum air lemon bisa memperparah gejala maag?

Makanan maupun minuman asam merupakan musuh terbesar bagi para penderita maag. Perlu diingat bahwa lemon termasuk salah satu buah yang rasanya asam, sehingga sebaiknya dihindari oleh Anda yang punya maag.

Seorang dosen farmasi di University of Adelaide, Musgrave mengatakan kepada Huffington Post bahwa belum ada penelitian yang membuktikan bahwa air lemon dapat mengurangi gejala maag. Justru, kandungan asam pada lemon dapat memperparah refluks asam lambung.

Ada banyak penyebab gangguan pencernaan, seperti refluks asam lambung (GERD), iritasi lambung, dan batu empedu. Dari sekian banyak penyebab gangguan pencernaan, nyatanya hampir semuanya berawal dari asam lambung yang naik.

Lemon memiliki pH 3 yang artinya sangat asam, sedangkan air memiliki pH 7 alias netral. Saat Anda minum air lemon, ini artinya Anda menambah kadar asam ke dalam lambung.

Semakin tinggi kadar asam pada lambung, asam lambung naik semakin cepat. Hal ini dapat mengikis lapisan lambung yang sudah tipis dan memperparah iritasi. Bukannya meredakan gejala, hal ini malah dapat memperparah gejala maag.

Yang harus diperhatikan sebelum saat minum air lemon bagi penderita maag

Penderita maag memang tidak dianjurkan untuk minum racikan cairan ini supaya asam lambungnya tidak naik dan semakin parah.

Meski demikian, kalau Anda ingin mencoba minum racikan cairan ini, ada beberapa aturan yang harus Anda perhatikan, di antaranya di bawah ini.

  • Campurkan satu sendok makan jus lemon ke dalam segelas air. Hal ini bertujuan untuk menurunkan kadar asam dari lemon sebelum diminum.
  • Minum satu tegukan secara perlahan dan lihat dulu reaksi pencernaan Anda. Kalau perut mulai terasa perih, segera hentikan dan perbanyak minum air putih untuk menetralisir asam lambung.
  • Gunakan sedotan saat minum air lemon, karena kadar asamnya dapat mengikis lapisan enamel gigi.

Jika gejala maag Anda justru semakin memburuk setelah minum air lemon, sebaiknya konsultasikan ke dokter dan beralihlah ke obat maag medis maupun obat maag alami lainnya yang lebih aman.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: hellosehat.com

Comments
Loading...