Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

MPR Ingatkan Jangan Abaikan Keselamatan saat Mudik

Pemudik yang telah tiba di Terminal Induk Tipe A Jati, Kabupaten Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)
Pemudik yang telah tiba di Terminal Induk Tipe A Jati, Kabupaten Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Jakarta – Polri memperkirakan puluhan juta kendaraan digunakan untuk mudik tahun ini. Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengingatkan agar warga tak mengabaikan keselamatan.

Terutama warga yang mudik menggunakan kendaraan roda dua. Disebutkan jika prediksi Korlantas Polri akan ada 17 kendaraan roda dua digunakan untuk mudik, sementara kendaraan roda empat ada 23 juta.

“Rindu kampung halaman setelah dua tahun tidak pulang jangan sampai mengalahkan faktor keselamatan di jalan,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/4/2022).

Disebutkan jika Korlantas Polri memprediksi total kendaraan yang diprediksi melintas jalan maupun tol itu setara dengan VC ratio sebesar 1,9. VC ratio adalah derajat kejenuhan jalan yang menggambarkan jumlah arus lalu lintas yang ditampung pada suatu kapasitas jalan.

”Besarnya VC ratio secara teoritis antara 0-1, yang artinya jika nilai VC mendekati 1, maka kondisi jalan tersebut mendekati jenuh. Dengan prediksi VC sampai 1,9 diperlukan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk menghindari tersendatnya arus lalu lintas,” ujarnya.

Baca: Dukcalpil Kudus Buka Layanan Ekstra untuk Pemudik, Catat Tanggalnya

Kondisi tersebut, ujar Lestari, harus benar-benar diantisipasi para pemudik lewat kesiapan fisik dan mental agar tetap mengutamakan keselamatan dalam perjalanan.

Apalagi, tambahnya, beberapa pekan terakhir diwarnai cuaca ekstrim seperti hujan lebat, angin kencang dan gelombang tinggi.

Di sisi lain, menurut Rerie, sapaan akrab Lestari, semangat masyarakat untuk tetap menjalin silaturahim dengan keluarga di kampung halaman, merupakan hal yang positif dalam upaya memperkuat ketahanan keluarga yang merupakan bagian terkecil dari masyarakat.

”Masyarakat dan para pemangku kepentingan juga diharapkan tetap mewaspadai potensi penularan Covid-19 di daerah dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, menjaga kebersihan dan menggunakan masker,” terangnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...