Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kudus Optimis Juarai Popda eks Karisidenan Pati

Kontingen Popda Kudus
Atlet anggar Kudus tengah latih tanding beberapa waktu lalu (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah menargetkan Gelar Juara Umum dalam gelaran Pekan Olahraga Pelajar (Popda) tingkat eks Karesidenan Pati, yang dihelat di Kabupaten Pati, Mei mendatang.

Meskipun demikian, harus diakui, peta kekuatan di arena Popda Eks Karisidenan Pati saat ini sangat rapat. Sehingga persaingan merebut gelar juara diprediksi akan berlangsung sangat ketat.

“Utamanya Kabupaten Pati yang juga mematok target juara umum. Namun dengan persiapan yang baik serta mental tanding yang bagus, kami yakin Kudus bisa menjadi juara umum di ajang tersebut,”kata Kabid Olahraga pada Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kudus, Minan Mochammad, Kamis (28/4/2022).

BACA JUGA: Tim Bola Tangan Kudus Pasang Target Runner-up di Popda Karesidenan Pati

Target juara yang dipatok Disdik Kudus, menurut Minan juga bukanlah sesuatu yang tidak masuk akal. Target tersebut sangat realistis, didasarkan pada hasil POPDA tingkat Kabupaten yang digelar pada akhir Maret lalu.

Secara kualitas, atlet-atlet pelajar Kota Kretek diyakini mampu bersaing. Apalagi, sejumlah cabor diproyeksikan akan menjadi ladang medali bagi Kudus.

“Ada seperti atletik, bola voli, sepak bola serta sejumlah cabor lainnya nanti kami yakin bisa,” sambungnya.

Minan menambahkan, pelaksanaan POPDA eks karesidenan ini juga akan menjadi ajang kualifikasi para atlet untuk menuju POPDA Jateng yang akan digelar Juni mendatang.

“Juknis pelaksanaan POPDA eks Karesidenan sudah turun. Dan saat ini kami fokus untuk mempersiapkan atlet yang akan berlaga,” tuturnya.

Sebagai informasi, untuk cabang olahraga yang dilombakan ada sebanyak 32 buah. Hanya, karena ada sejumlah cabang olahraga yang belum siap, baru akan dilombakan 27 cabor saja. Jumlah cabor tersebut, akan dibagi menjadi tiga kelompok. Yaitu cabang olahraga murni, eksibisi, dan mandiri.

Untuk olahraga murni dan eksibisi, akan dihitung perolehan medalinya. Cabor murni sendiri di antaranya sepakbola, sepak takraw, panjat, karate, bola voli, angkat besi, senam, dan dayung.

Sementara cabang olahraga eksibisi di antaranya bola tangan, futsal dan lainnya. Sedangkan cabang olahraga mandiri adalah sepatu roda, petaque, dan tarung derajat.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Budi Erje

Comments
Loading...