Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sertifikasi FIFA untuk Rumput Stadion Joyokusumo Pati Tak Jelas, Patifosi Ancam Berdemo

Persipa Pati
Stadion Joyokusumo Pati, dinyatakan tidak memenuhi syarat oleh PSSI. Persipa tak bisa menggunakannya sebagai home base. (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Hasil verifikasi Stadion Joyokusumo telah dikeluarkan secara resmi oleh PSSI. Dalam surat yang sudah dikirimkan kepada Persipa Pati, Kamis (28/4/2022), Stadion Joyokusumo Pati, dipastikan belum memenuhi standar.

Dengan demikian, Stadion Joyokusumo dipastikan tidak layak untuk menggelar laga resmi PSSI. Sehingga lebih jaug, Persipa Pati juga tidak bisa menggunakannya untuk home base dalam putaran Liga 2 mendatang.

“Berdasarkan verifikasi faktual, Tim Teknis PSSI menyatakan bahwa Stadion Joyo Kusumo Pati belum memenuhi syarat untuk masuk dalam kategori stadion sesuai yang dalam Regulasi Stadion PSSI,” demikian bunyi surat PSSI yang ditandatangani Sekretaris Jendral (Sekjen), Yunus Nusi.

BACA JUGA: Terancam Tak Bisa Gunakan Stadion Joyokusumo, Persipa Pati Pusing

Ketika dikonfirmasi mengenai hal ini, Manajer Persipa Pati, Dian Dwi Budianto, membenarkan. Keputusan PSSI yang tidak meloloskan lapangan Stadion Joyokusomo, karena Pemkab Pati, dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, tidak bisa menunjukkan sertifikat FIFA untuk Stadion Joyokusumo.

“Surat itu benar, mas. Karena DPUTR belum bisa menunjukkan sertifikat dari FIFA,” ujar Manajer Persipa Pati Dian Dwi Budianto, Kamis (28/4/2022).

Pihaknya pun kecewa atas hasil ini. Selanjutnya melalui lembaga Suporter Persipa, Patifosi, akan ditanyakan mengenai masalah ini. Patifosi berencana melayangkan surat resmi kepada DPUTR Kabupaten Pati untuk meminta kejelasan mengenai sertifikat FIFA ini.

Bila apa yang dilakukan tidak mendapatkan perhatian, maka Patifosi akan melakukan aksi unjuk rasa. Masalah ini sudah menjadi sebuah perhatian besar bagi kelompok supporter ini.

“Kita (Parifosi) akan bersurat ke DPUTR menanyakan kejelasannya. Kalau tidak Patifosi akan turun jalan. Kita menuntut sertifikat,” tandas Dian yang juga Ketua Patifosi non aktif ini.

Pada Jumat (22/4/2022) hingga Sabtu (23/4/2022) pekan lalu, Tim Verifikator dari PSSI mengunjungi sudah melakukan pengeceekan di Stadion Joyokusumo. Semua sarana dan pranasarana serta fasilitas yang ada dicek dan diverifikasi.

Berdasarkan pengecekan, lebar lapangan, garis lapangan serta ruang ganti di Stadion Joyokusumo disebut-sebut belum sesuai standar. Namun saat itu PSSI belum menyampaikan hasil verifikasi lantaran masih menunggu sertifikat FIFA soal rumput Stadion Joyokusumo.

Sepekan berlalu, pihak DPUTR belum bisa menunjukkan sertifikat ini. Sehingga Stadion Joyokusumo dinyatakan belum memenuhi syarat sebagai Stadion Standar PSSI.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Budi Erje

Comments
Loading...