Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Alun-Alun Jepara Dibolehkan Untuk Salat Idulfitri

Alun-Alun Jepara Dibolehkan Untuk Salat Idulfitri
Ilustrasi Alun-alun Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Pemkab Jepara mengizinkan pelaksanaan Salat Idulfitri di Alun-alun setempat. Pembolehan itu disampaikan langsung Bupati Jepara, Dian Kristiandi.

Orang nomor satu di Kabupaten Jepara itu beralasan, kondisi Covid-19 di tanah kelahiran RA Kartini itu sudah terkendali. Selain itu, mayoritas masyarakat juga sudah divaksin Covid-19 lengkap.

“Salat Id silahkan di masjid-masjid atau di lapangan-lapangan. Kalau mau di alun-alun juga silahkan,” kata Andi, Kamis (28/4/2022).

Baca: Jelang Lebaran, Pencairan Klaim di BPJS Ketenagakerjaan Jepara Meningkat

Meski demikian, Andi tetap meminta agar pelaksanaan Salat Idulfitri di tempat-tempat terbuka tetap mengedepankan protokol kesehatan ketat. Jarak antar jemaah diatur dan tetap memakai masker.

“Intinya harus tetap pakai masker. Juga jaga jarak,” tegas Andi.

Sebelumnya, pada awal Ramadan, Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Jepara sudah beraudiensi dengan Pemkab jepara. Salah satu permintaannya yaitu izin melaksanakan Salat Idulfitri di alun-alun.

Ketua PD Muhammadiyah Jepara, Fachrur Rozi, mengatakan pihaknya sudah mempertimbangkan pelaksanaan Salat Idulfitri di Alun-alun Jepara.

Pertimbangannya yaitu kondisi penyebaran Covid-19 sudah terkendali dan mayoritas masyarakat Muhammadiyah sudah divaksin lengkap.

“Sudah dua tahun kita tidak Salat Idulfitri di alun-alun. Biasanya kami selalu di alun-alun. Jemaahnya datang dari berbagai kecamatan di Jepara,” kata Rozi.

Pihaknya memastikan, pelaksanaan Salat Idul Fitri di Alun-alun Jepara nanti akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...