Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

SMAN 2 Pati Salurkan Santunan Anak Yatim dan Sembako Gratis

SMAN 2 Pati Salurkan Santunan Anak Yatim dan Sembako Gratis
Acara penyerahan santunan anak yatim dan sembako gratis untuk masyarakat yang membutuhkan di Gedung SMAN 2 Pati, Kamis (28/4/2022). (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – SMAN 2 Pati atau SMANDAPA ikut menyemarakkan Ramadan dengan berbagai kegiatan. Salah satunya adalah memberi santunan anak yatim dan fakir miskin serta menyerahan paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

Kegiatan yang bernama ‘SMANDAPA Berbagi’ itu disalurkan secara simbolik di Gedung SMAN 2 Pati, Kamis (28/4/2022). Beberapa anak yatim dan fakir miskin menerima santunan uang tunai.

Selain itu, beberapa masyarakat yang membutuhkan juga mendapat bantuan sembako. Di antaranya beras, minyak goreng, kecap dan lain sebagainya.

Baca: Kue Lebaran Made In Lapas Pati Omzetnya Rp 40 Juta

“SAMANDAPA Berbagi ini memberikan santunan kepada fakir miskin, anak yatim, teman-teman marbot masjid/musala dan ustaz/ustazah di TPQ. Sehingga menjelang Lebaran ini, kita bisa meringankan beban mereka,” ujar Kepala SMAN 2 Pati, Wiyarso.

Total ada 1.125 orang yang mendapat berkah dari kegiatan ini. Mereka terdiri dari 500 penerima paket sembako dan 625 penerima santunan anak yatim dan fakir miskin.

“Nominal yang berbeda-beda. Rp150 ribu untuk santunan dan bingkisan bernilai Rp 100 ribu. Dana dari alumni, sumbangan ibu/bapak guru dan donatur yang tidak mengikat,” tutur Wiyarso.

Ia mengungkapkan kegiatan ini digelar rutin setiap tahun. Sudah 22 tahun SMANDAPA Berbagi bergulir dan tidak pernah berhenti.

“Untuk tahun ini jumlah santunan lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Sehingga kita ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu,” kata dia.

Baca: Pelaku Pembunuhan di Jalan Juwana-Jakenan Pati Ditangkap

Selain itu, pihaknya juga mengajak anak didik SMAN 2 Pati untuk berpartisipasi dengan memberikan takjil gratis kepada warga selama dua pekan yang berakhir pada Kamis (28/4/2022).

“Setiap kelas dan didampingi wali kelas masing-masing membagikan takjil di berbagai titik. Mulai dari depan sekolah, depan Swalayan ADA, Alun-alun Pati dan sebagainya. Setiap hari ada 3 kelas. Harapan kita memberi edukasi kepada anak-anak agar bisa berjiwa sosial,” ungkap dia.

Sementara itu, Pengawas SMAN 2 Pati Didik Sumardyanto, menyambut baik kegiatan ini. Bagiannya, kegiatan semacam ini bisa mendidik karakter siswa. Sehingga sesuai profil pelajar Pancasila yang beriman, bertakwa, beradab mulia, mandiri dan bergotong royong.

“Saya sangat mendukung kegiatan ini. Terlebih ini ndak ada pungutan orang tua dan murni bantuan bapak ibu guru. Semoga ndak hanya bulan puasa tetapi bulan lainnya juga untuk meringankan beban masyarakat setelah pandemi Covid-19,” tandas Didik.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...