Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

METRO YOGYAKARTA

Mudik! 6.000 Penumpang Turun di Bandara YIA, Mayoritas dari Jakarta dan Balikpapan

Ilustrasi. (Freepik)

MURIANEWS, Kulon Progo – Arus mudik Lebaran 2022 mulai terasa di Yogyakarta International Airport (YIA), Kulon Progo, DIY. Buktinya, hari ini (28/4/2022), sudah lebih dari 6.000 penumpang turun di YIA.

Airport Operation Center Head (AOCH) YIA, Budi Wiyono mengatakan, jumlah ini meningkat drastis dari hari-hari sebelumnya yang hanya berkisar di angka 3-4 ribu penumpang.

”Yang sangat signifikan itu (penumpang) kedatangan. Kedatangan itu mencapai 6.000-an, catatan terakhir kami direncanakan 6.049, bisa juga realisasinya naik,” katanya seperti dilansir Detik.com, Kamis (28/4/2022).

Budi menjelaskan penumpang kedatangan hari ini mayoritas berasal dari wilayah Jakarta. Selanjutnya disusul dari Balikpapan.

“Kalau mayoritas dari Jakarta, dari Cengkareng. Untuk urutan kedua dari Balikpapan, Kalimantan,” jelasnya.

Selain kedatangan, kenaikan juga tercatat pada keberangkatan penumpang di Bandara YIA Kulon Progo, meski jumlahnya tidak terlalu signifikan. Tercatat pada hari ini, sekitar 3.000-an penumpang bertolak dari YIA.

“Untuk keberangkatan ada 3.049, ini meningkat sekitar 500-an dibandingkan hari biasa,” ucap Budi.

Budi mengatakan mayoritas penumpang hari ini berangkat menuju Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng. “Untuk keberangkatan dominasinya tetap Jakarta, karena beberapa penerbangan memang transit di Jakarta, yang tidak ada direct di YIA,” jelasnya.

Dengan demikian total jumlah penumpang kedatangan dan keberangkatan di YIA yang tercatat hari ini sebanyak 9.000-an orang. Jumlah ini meningkat dari hari-hari biasa yang berkisar antara 5.000-6.000-an.

Budi mengatakan kenaikan ini tak lepas dengan adanya penerbangan tambahan atau ekstra flight. Sebelumnya YIA memang telah membuka 26 ekstra flight untuk mengakomodir arus mudik dan balik Lebaran 2022.

Adapun per hari ini, ada 4 ekstra flight yang sudah mulai beroperasi di YIA dengan rute Jakarta, Ujung Pandang dan Banjarmasin.

“Iya sekarang sudah ada ekstra flight, untuk kedatangan ada 4 ekstra flight dan keberangkatan juga ada 4 ekstra flight, maskapai Citilink sama Lion, rutenya ke Unjung Pandang, Cengkareng, dan Banjarmasin. Untuk Balikpapan besok sepertinya mulai ada ekstra flight lagi,” jelasnya.

Untuk puncak arus mudik sendiri, pihak bandara memprediksi akan terjadi pada Sabtu (30/4) dan Minggu (1/5). Prediksi ini dilandasi karena pada Jumat (29/4) sudah berlaku cuti Lebaran.

“Puncak arus mudik tetap kami perkirakan hari Sabtu atau hari Minggu. Karena mulai besok tanggal 29 (Jumat) itu sudah mulai cuti bersama, dengan perkiraan bahwa akan ada persiapan (mudik) dan sebagainya mungkin orang-orang akan lebih memilih hari Sabtu. Karena hari Jumat itu kan hari-hari tanggung,” terangnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...