Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jelang Lebaran, Pencairan Klaim di BPJS Ketenagakerjaan Jepara Meningkat

Jelang Lebaran, Pencairan Klaim di BPJS Ketenagakerjaan Jepara Meningkat
Salah satu peserta BPJS Ketenagakerjaan sedang mencairkan klaim kepesertaan di kantor cabang Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Menjelang Lebaran atau Hari Raya Idulfitri, pencairan klaim peserta BPJS Ketenagakerjaan di Jepara meningkat. Bahkan, total nilainya menembus Rp 6 miliar.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Jepara, Mulyadi, mengatakan memang ada trend kenaikan pencairan klaim sejak akhir Maret ini. Trend kenaikan itu terlihat pada semua jenis program.

“Mulai ada trend kenaikan itu di akhir Maret. Kemudian terus meningkat sampai sekarang,” kata Mulyadi, Kamis (28/4/2022).

Baca: Kena PHK? Tenang! Ada JPK dari BPJS Ketenagakerjaan, Ini Cara Mendapatkannya

Pada April yang belum selesai ini saja, lanjut Mulyadi, pencairan klaim sudah sebesar Rp 6,3 miliar. Rinciannya, Rp 5,6 miliar klaim jaminan hari tua, Rp 181 juta klaim jaminan kecelakaan kerja, Rp 342 juta klaim jaminan kematian, dan Rp 83 juta klaim jaminan pensiun.

“Bisa jadi karena mendekati lebaran. Peserta-peserta sengaja mencairkan sekarang supaya uangnya bisa digunakan untuk kebutuhan lebaran. Biasanya memang begitu,” imbuh Mulyadi.

Sejak Januari 2022 lalu, BPJS Ketenagakerjaan Jepara sudah mencairkan klaim kepesertaan dan beasiswa sebesar Rp 21,7 miliar. Rinciannya, Januari sebesar Rp 3,8 miliar, Februari Rp 3,4 miliar, dan Maret sebesar Rp 7,9 miliar.

Mulyadi menambahkan, momen lebaran tahun ini berbeda dengan dua tahun terakhir. Sebab, pada dua tahun terakhir, jumlah pencairan klaim jauh lebih tinggi.

Itu dikerenakan, adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran terjadi di banyak perusahaan di Jepara. Sedangkan, tahun ini nyaris tidak ada kasus semacam itu.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...