Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Buka Saat Lebaran, Penyeberangan ke Karimunjawa Jepara Penuh

Buka Saat Lebaran, Penyeberangan ke Karimunjawa Jepara Penuh
Calon penumpang kapal Express Bahari saat hendak menyeberang. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Di momen libur Lebaran nanti, penyeberangan ke Karimunjawa, Kabupaten Jepara masih dibuka. Kepastian itu disampaikan Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara.

Kabid Perhubungan Laut Dishub Jepara, Suroto, Kamis (28/4/2022) mengatakan, mulanya penyeberangan itu akan ditutup seperti biasanya. Di mana, pada hari pertama dan hari kedua Lebaran pelayaran diliburkan.

“Ada beberapa warga dan biro wisata yang getol meminta untuk tetap dibuka. Ya, saya buka saja. Saya buka PP (pulang pergi, red),” kata Suroto.

Baca: Ke Karimunjawa Jepara Tak Lagi Pakai Tes PCR

Pihaknya mengatakan, kapal yang berlayar yakni Express Bahari 2C dengan kapasitas 360 penumpang. Kapal itu ren ana berlayar pada hari pertama dan kedua Lebaran Idulfitri dengan skema PP.

Sementara itu, untuk H+3 sampai H+7 Lebaran, semua kapal akan diberangkatkan. Mulai dari kapal Express Bahari 2C dan 3F serta Kapal Siginjai. Selama itu, Kapal Express Bahari akan berlayar PP.

Suroto mengungkapkan, kapasitas kapal bahkan sudah penuh pada H+4 (6/5/2022). Dua kapal, Siginjai dan Express Bahari 3F, sudah terpesan penuh. Rata-rata, calon penumpang merupakan wisatawan.

“Ada cadangan satu kapal Express Bahari 2C dengan kapasitas 360 penumpang. Kemarin, kapal cadangan itu sudah terpesan 200 calon penumpang. Kemungkinan akan bertambah terus,” ujar Suroto.

Selama sepekan momen lebaran, diprediksi akan ada sepuluh ribu penumpang kapal yang akan menuju Karimunjawa. Suroto berharap prediksi lonjakan penumpang itu tidak membuat protokol kesehatan tidak dilaksanakan dengan baik.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...