Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bupati Kudus Izinkan Perayaan Tradisi Lebaran

Bupati Kudus HM Hartopo. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Bupati Kudus HM Hartopo memberi izin digelarnya perayaan tradisi Lebaran yang ada di Kota Kretek. Hanya, para pengelola diminta tetap mengedepankan protokol kesehatan yang berlaku.

“Saya kira tidak masalah (perayaan tradisi Lebaran, red), yang penting penerapan protokol kesehatannya saja, dan yang jelas PeduliLindungi itu perlu,” kata dia, Kamis (28/4/2022).

Hartopo menyebut, Kabupaten Kudus sendiri kini masih berada di Level 2 PPKM. Sehingga diharapkan, pembatasan pengunjung masih diberlakukan.

“Kapasitasnya terbatas saja, kalau pawai-pawai janganlah,” ujarnya.

Baca: Bupati Kudus Batal Izinkan Takbir Keliling

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus Mutrikah menambahkan, ada cukup banyak tradisi Lebaran yang ada di Kudus. Yang paling umum, adalah seperti tradisi Bulusan, Praon, hingga Sendang Jodo.

Walau begitu, para pengelola nanti diminta tetap harus meminta izin acara dulu kepada Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 di tingkat kecamatan maupun kabupaten.

Panitia pelaksana tradisi Lebaran juga diminta membuat Satgas internal yang bertugas untuk menegakkan protokol kesehatan saat tradisi berlangsung.

“Jadi jangan sampai tidak berkoordinasi, bila melanggar tentu akan ada sanksi yang diberikan pada pengelola,” pungkasnya.

Baca: Polisi di Kudus Amankan Pikap Tongtek Jedag-Jedug

Pemerintah Kabupaten Kudus sebelumnya juga memperbolehkan pengelola obyek wisata di Kabupaten Kudus untuk buka selama libur lebaran tahun 2022.

Mereka, diminta berkomitmen untuk tetap menerapkan protokol kesehatan di tempatnya masing-masing. Termasuk di antaranya melengkapi papan scan PeduliLindungi hingga sarana penerapan prokes penunjang lainnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...