Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Dukcalpil Kudus Buka Layanan Ekstra untuk Pemudik, Catat Tanggalnya

Ruang pelayanan Adminduk Dinas Dukcapil Kudus (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus membuka pelayanan ekstra waktu saat libur dan cuti Lebaran tahun 2022 ini.

Adapun, jam pelayanan yang disiapkan adalah pada hari Rabu 4 Mei 2022 dan Kamis 5 Mei 2022 mendatang. Jam pelayanan, dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

Sekretaris Disdukcapil Kudus Tulus Triyatmika menyampaikan, masyarakat Kudus yang tengah mudik di Kota Kretek bisa memanfaatkan pelayanan ini. Apalagi, segala jenis pelayanan administrasi kependudukan bisa dilayani.

“Kami buka layanan ekstra waktu, jadi bagi warga Kudus yang kebetulan tengah mudik dan ingin mengurus dokumen adminduknya bisa memanfaatkan pelayanan ini,” ucap Tulus, Kamis (28/4/2022).

Baca: Tinjau Tol Kalikangkung, Kapolri Pesan Ini ke Pemudik

Walau demikian, pihak Disdukcapil hanya akan membuka tiga dari loket saja. Mengingat sasaran dari pelayanan ini adalah para pemudik yang kini tengah berada di Kudus.

“Namun masyarakat Kudus pada umumnya juga bisa, hanya memang petugas yang kami turunkan tidak full, tapi tetap kami layani semaksimal mungkin,” ujarnya.

Tulus menambahkan, pelayanan ekstra waktu itu hanya bisa diakses secara offline atau tatap muka saja. Sementara aplikasi Adminduk seperti Pak Semok belum bisa diakses karena masih menunggu akas dari pemerintah pusat.

“Jadi silahkan datang saja ke kantor pelayanan kami, walau tengah dalam masa cuti dan libur kami pastikan akan melayani semaksimal mungkin,” pungkasnya.

Baca: Polisi di Kudus Amankan Pikap Tongtek Jedag-Jedug

Sekda Kudus Sam’ani Intakoris pun mengapresiasi pelayanan ekstra ini. Dia sebelumnya juga berpesan jika para aparatur sipil negara (ASN) yang bergerak di bidang pelayanan bisa tetap standby selama libur dan cuti Lebaran

Mereka, dipersilahkan menikmati libur dan cuti Lebaran, namun juga diharapkan untuk tetap bisa standby saat dibutuhkan pelayanan masyarakat.

“Jadi pemudik bisa terbantu dengan pelayanan-pelayanan seperti ini, bila memang dari teknis dan SDMnya menunjang, itu bisa dijalankan,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...