Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pengumuman! Layanan Disdukcapil Grobogan Tutup 10 Hari Mulai Besok

Pengumuman! Layanan Disdukcapil Grobogan Tutup 10 Hari Mulai Besok
Kantor Dispendukcapil Grobogan. (MURIANEWS/Saiful Anwar)

MURIANEWS, Grobogan – Layanan administrasi kependudukan (Adminduk) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Grobogan ditutup selama libur Lebaran tahun ini.

Pelayanan pun ditutup selama 10 hari mulai pada Jumat (29/4/2022) hingga Minggu (8/5/2022). Layanan kembali dibuka pada Senin (9/5/2022).

Pada Kamis (28/4/2022) hari ini pun, layanan hanya dibuka hingga pukul 12.00 WIB. Penutupan layanan pengurusan dokumen kependudukan selama libur Lebaran itu tidak hanya tatap muka, tapi juga yang daring alias online.

Baca: Pemkab Grobogan Kucurkan Rp 37 Miliar Untuk THR ASN dan Anggota DPRD

Kepala Disdukcapil Grobogan Achmad Basuki Mulyono menerangkan, pihaknya memutuskan juga menutup layanan daring karena keterbatasan anggaran. Sebab, untuk tetap membuka layanan via daring pun, dibutuhkan personel yang siap siaga.

“Anggarannya untuk personel yang berjaga selama Lebaran tidak ada. Jadi tutup total, baik tatap muka maupun online,” terangnya, Kamis (28/4/2022).

Menurut mantan Camat Gubug itu, apabila dibuka secara daring pun, nantinya akan terjadi lonjakan hingga berkali lipat saat layanan tatap muka dibuka kembali. Karena itulah, pihaknya memutuskan untuk menutup total layanan.

“Kalau ditutup lama ya pasti ada lonjakan. Setiap tahun seperti itu,” tambahnya.

Pihaknya sudah siap jika ada lonjakan pemohon dokumen kependudukan pada saat layanan kembali dibuka Senin (9/5/2022).

Mengenai blanko e-KTP, ia menyatakan stoknya masih mencukupi hingga usai Lebaran nanti. Sehingga, masyarakat tidak perlu khawatir mengantre lama saat akan mengurus e-KTP.

Pengumuman libur pelayanan itu, sudah diumumkannya via media sosial Instagram @dukcapil_grobogan. Sehingga, masyarakat diharapkan bisa menyimaknya dan tidak kecele saat datang ke kantor Dispendukcapil.

“Pengumumannya sudah kami pasang di media sosial. Masyarakat bisa mengakses,” tutupnya.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...