Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ban Motor Sudah Terlihat Benjol? Demi Keamanan Sebaiknya Segera Diganti

Ban Motor Sudah Terlihat Benjol? Demi Keamanan Sebaiknya Segera Diganti
Foto: Ilustrasi ban motor (astramotor.co.id)

MURIANEWS, Kudus– Ban merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor. Sebab, tanpa adanya ban maka sepeda motor sudah dipastikan tidak bisa digunakan.

Demikian pula jika ban mengalami masalah, akan mengganggu saat melakukan perjalanan. Misalnya, ban kempis, bocor atau bahkan meletus.

Ban motor yang sudah digunakan dalam waktu lama, pasti akan terlihat perubahannya dengan ban yang semakin tipis serta kembangannya telah menyentuh bagian serat. Selain itu, seringkali ban terlihat benjol karena lama pemakaiannya.

Baca juga: Sejarah Awal Mula Ban Motor, Dimulai pada Abad ke-19

Dilansir dari laman Federal Oil, Rabu (27/4/2022), ban merupakan komponen penting dalam kendaraan, karena ban menjadi peredam antara jalanan dengan kendaraan kita agar tetap nyaman digunakan.

Ketika ada ban yang mengalami benjol, baiknya langsung diganti agar tidak membuat kerusakan atau bahkan kecelakaan bagi pengendaranya.

Ketika digunakan berkendara pun, ban benjol membuat kendaraan kita tidak nyaman, biasanya adalah getaran hingga bunyi-bunyi yang mengganggu.

Ban yang benjol tidak bisa diperbaiki karena biasanya benjolan tersebut akan merambat ke beberapa bagian lain.

Sebab ban benjol bisa disebabkan oleh beberapa hal. Di antaranya adalah ketika proses produksi, pengisian angin yang berlebihan, kurang tenakan angin atau terkena benda asing lainnya.

Jadi, baiknya sebelum berkendara kita selalu mengecek kondisi kendaraan kita terlebih dahulu ya agar tidak terjadi apa-apa selama perjalanan.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: federaloil.co.id

Comments
Loading...