Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Tips Aman Berkendara Motor bagi Wanita Berhijab

Ini Tips Aman Berkendara Motor bagi Wanita Berhijab
Foto: Ilustrasi wanita berhijab naik motor (federaloil.co.id)

MURIANEWS, Kudus– Berkendara motor secara aman wajib diketahhui oleh siapa saja. Termasuk pada wanita berhijab yang aktivitasnya memerlukan sarana kendaraan bermotor.

Meski demikian, ada hal-hal yang perlu diperhatikan oleh wanita berhijab saat berkendara motor. Pasalnya, selama ini, ada beberapa kasus kecelakaan yang menimpa wanita berhijab saat berkendara motor.

Salah satunya disebabkan hijab yang terbelit rantai atau roda sepeda motor. Kejadian ini bisa mengakibatkan pengendara terjatuh dari sepeda motornya.

Baca juga: Ini Tips Aman Berkendara Motor saat Melewati Polisi Tidur

Melansir dari laman Federal Oil, Rabu (27/4/2022), sebaiknya wanita berhijab menggunakan sepeda motor matik, bukan bebek. Pasalnya, mayoritas kasus kecelakaan yang menimpa disebabkan karena jilbab yang tersangkut gear rantai dan menggulung.

Sepeda motor matik dianggap lebih aman karena memiliki cover depan yang bisa meminimalisir hembusan angin di bagian bawah, tidak memiliki gear bergerigi atau komponen yang digerakkan rantai, dan lebih praktis dikendarai (cukup atur gas dan rem saja).

Sebelum naik, pastikan jilbab yang Anda kenakan tidak menjuntai. Anda bisa mendudukinya, atau sedikit melipatnya dan mengaitkannya ke bagian lainnya. Intinya, jangan sampai menjuntai!

Kalau tidak ada motor matik dan terpaksa harus menggunakan motor bebek, pastikan gear dan rantai motor Anda punya pelindung atau cover.

Sering-seringlah melirik spion, bukan hanya untuk memeriksa kondisi di belakang, tapi juga untuk mengecek bagaimana kondisi jilbab Anda.

Jika terlihat mengapung-ngapung dan menjuntai, segera atur kembali posisinya agar aman.

Pastikan Anda berkendara dalam kecepatan rendah, maksimal sekitar 40 km/jam saja. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko buruk akibat jilbab yang menjuntai.

Pastikan posisi tangan dan kaki leluasa dalam mengendalikan motor. Makanya, Anda disarankan untuk mengenakan motor matik karena lebih praktis dan cenderung aman.

Perlu dicatat, kecelakaan karena hijab tidak hanya berlaku bagi pengendara saja, tapi juga bisa menimpa Anda yang dibonceng.

Makanya Anda dituntut untuk selalu waspada dan ingat trik di atas, meskipun hanya sebagai penumpang.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: federaloil.co.id

Comments
Loading...