Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia Resmi Dibentuk

Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia Resmi dibentuk
diklarasi perkumpulan dokter seluruh indonesia (detik.com)

MURIANEWS, Jakarta- Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) resmi dibentuk, Rabu (27/4/2022). Sementara dedengkot dari organisasi profesi ini adalah Staf Khusus Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, yakni Brigjen TNI (Purn) dr Jajang Edi Priyanto.

Jajang mengatakan, PDSI sudah mengantongi SK Kemenkumham No. AHU003638.AH.01.07.2022 tentang Pengesahan Pendirian Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia.

“Adapun berdirinya perkumpulan ini adalah dalam memenuhi hak Warga Negara Indonesia dalam berserikat dan berkumpul yang dijamin Pasal 28 UUD 1945 selaku konstitusi tertinggi di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hak kami ini telah dijawantahkan dalam SK Kemenkumham tersebut,” ujar Jajang, dikutip dari detik.com, Rabu (27/4/2022).

Jajang menuturkan, dibentuknya PDSI ini adalah untuk mewujudkan inovasi para tenaga medis Indonesia. Sehingga mereka tidak hanya sekedar mengobati, tetapi juga berinovasi untuk dunia kesehatan.

Baca: Kurma dan Buah-Buahan Ini Direkomendasikan Dokter untuk Ibu Hamil

“Sudah saatnya asosiasi medis hanya fokus pada perlindungan hukum dan kesejahteraan, lazimnya asosiasi medis di negara maju lainnya. Sudah saatnya asosiasi medis bekerja secara proporsional dengan kerja sama bersama pemerintah dan masyarakat,” sambung dr Jajang.

Ia menyoroti profesi dokter yang sudah sewajibnya memajukan taraf kesehatan masyarakat, sehingga para dokter tidak hanya mengurusi urusannya masing-masing.

“Dengan demikian, PDSI berdiri atas cita-cita luhur para pendahulu di bidang ilmu kedokteran dengan mengutamakan nilai-nilai kebangsaan, kekeluargaan, sopan-santun, dan senantiasa mengantisipasi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran,” pungkas dia.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: detik.com

Comments
Loading...