Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pelaku UMKM Pati Kebanjiran Order Parsel Lebaran

Pelaku UMKM Pati Kebanjiran Order Parsel Lebaran
Salah satu pelaku UMKM Pati membuat parsel Lebaran. (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Berkah Ramadan dirasakan oleh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kabupaten Pati. Selain mendapatkan banyak pesanan kue Lebaran, mereka juga kebanjiran order parsel menjelang Hari Raya Idulfitri 1443 H ini.

Kelompok UMKM Kabupaten Pati kebanyakan mendapatkan order dari organisasi perangkat daerah (OPD), badan usaha milik daerah (BUMD) dan beberapa puskesmas. Total sementara ada 484 parsel yang dipesan kepada mereka.

“Alhamdulillah, kita mendapatkan pesanan parsel sekitar 484 paket dengan total omset sekitar Rp 60 juta. Harga mulai Rp 100 ribu sampai Rp 500 ribu,” ujar koordinator UMKM Pati, Yuli Sanjoto, Rabu (27/4/2022).

Baca: Ribuan Botol Miras di Pati Dimusnahkan Jelang Lebaran

Banjirnya order parsel kepada mereka ini lantaran ada surat edaran dari Sekda Provinsi Jawa Tengah disusul surat edaran dari Bupati Pati Haryanto yang mewajibkan setiap OPD di Kabupaten Pati membeli parsel Lebaran dari UMKM Pati.

“Jadi dinas-dinas pesan ke kami,” kata perempuan yang akrab di sapa Bu Yuli ini.

Dibandingkan tahun lalu, ada kenaikan sekitar 100 persen. Tahun lalu jumlah pesanan hanya berkisar 200 parsel dengan omsetnya sekitar Rp 30 juta.

Selain adanya surat edaran dari pemerintah, kenaikan order ini juga dikarenakan, pihaknya membuat harga yang bervariasi. Pada tahun lalu, harga parsel mulai Rp 250 ribu hingga Rp 500 ribu. Saat ini lebih terjangkau lantaran ada harga mulai Rp 100 ribu.

“Alhamdulillah ini lebih banyak, karena persiapan lebih banyak, waktu lebih panjang, harga lebih bersahabat kalau dulu ndak ada 100 sekarang kan ada,” tutur Bu Yuli.

Meskipun kebanjiran order, ia mengaku tetap mengutamakan kualitas produk UMKM Kabupaten Pati. Pihaknya menghimpun produk UMKM Pati unggulan dan dapat dipesan dalam jumlah banyak.

“Mulai dari kue kering, kopi, makanan ringan, kain batik, sirop dan olahan rempah,” tandas Bu Yuli.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...