Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Penyakit Mag Picu Asam Lambung, Hindari Makanan Ini

Foto: Ilustrasi orang sakit perut (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus – Penyakit mag dapat memicu terjadinya peningkatan asam lambung. Asam lambung ini bisa dipicu dari gaya makan atau akibat stres.

Wakil Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kudus, dokter Dony Wicaksana mengatakan, efek dari peningkatan asam lambung dapat mengakibatkan nyeri dan mual.

“Maka dari itu harus menghindari makanan yang memicu timbulnya asam lambung. Seperti makanan pedas, bersoda, santan, dan makanan berlemak. Selain itu jangan sampai terlambat makan juga,” katanya, Rabu (27/4/2022).

Baca: Setop! Ini Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Tipes

Dokter Dony menambahkan, mengonsumsi makanan pedas bukan berarti tidak diperbolehkan. Hanya, perlu diatur porsi konsumsinya.

“Tetap diperbolehkan asal jangan terlalu banyak porsinya. Sewajarnya saja dan jangan tiap hari,” sambungnya.

Selain menghindari makanan pedas dan berlemak, pola makan yang teratur dianjurkan bagi penderita mag. Tak hanya itu, pengelolaan stres juga sangat berpengaruh.

Baca: Ini Tips Sehat dan Bugar buat Wanita Usia 50 Tahun ke Atas

Gejala mag yang mengakibatkan naiknya asam lambung dapat ditandai dengan gejala mual dan nyeri. Oleh karena itu pihaknya merekomendasikan makanan yang kaya akan serat.

“Kalau buah-buahan bisa mencoba kurma, pisang, apel, dan buah lainnya yang kaya serat. Kalau memilih makanan yang penting tidak makanan pedas,” ujarnya.

Dia melanjutkan, pengidap mag hendaknya juga memiliki ketersediaan obat-obatan di rumah. Hal ini sebagai upaya jaga-jaga.

“Kalau yang punya riwayat magh harus minum obat-obatan dan punya stok obat di rumah. Misal sudah diobati belum sembuh bisa dirujuk ke dokter,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...