Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tarif Bus Shantika Naik saat Lebaran, Ini Daftar Harganya

Bus terparkir di area garasi PO Shantika Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Perusahaan Otobus (PO) Shantika menaikkan tarif tiket menjelang Lebaran Idulfitri tahun ini. Tarif naik dua kali lipat untuk rute Jabodetabek ke Kudus dan area eks-Karesidenan Pati.

PO Shantika menyiapkan 57 armada bus untuk mengangkut pemudik Mulai dari kelas eksekutif, kelas super eksekutif, dan sleeper bus.

Harga tiket Jabodetabek ke Kudus menjelang Lebaran untuk kelas eksekutif saat ini ditetapkan sebesar Rp 420 ribu. Kemudian, untuk kelas Super Eksekutif saat ini sebesar Rp 500 ribu, dan kelas Sleeper Bus sebesar Rp 550 ribu.

Harga tiket normal masih berlaku untuk bus Shantika rute Kudus ke-Jabodetabek. Kelas eksekutif masih seharga Rp 210 ribu. Kemudian, kelas Super Eksekutif Rp 230 ribu dan kelas Sleeper Bus Rp 280 ribu.

Kenaikan juga terjadi untuk rute Bandung ke Kudus. Besarannya Rp 350 ribu. Sedangkan tarif normal berlaku untuk rute Kudus ke Bandung seharga Rp 170 ribu.

“Memang ada kenaikan dua kali lipat dari Jabodetabek ke Kudus. Kalau rute sebaliknya masih normal. Kenaikan harga semacam ini wajar karena memang momen Lebaran,” kata Manajer Operasional PO Shantika, Hartotok Priyo Wiyono, di Kudus, Rabu (27/4/2022).

Baca: Angkut Pemudik, PO Shantika Keluarkan Sleeper Bus

Menurut Priyo, kenaikan harga tiket sudah diterapkan sejak Minggu (24/4/2022) lalu. Pihaknya beralasan kenaikan harga tiket untuk membantu operasional.

“Karena saat ini seringnya rute dari Kudus ke Jabodetabek kosong tanpa ada penumpang,” sambungnya.

Dia melanjutkan, kenaikan harga tiket juga terjadi di beberapa PO bus lain. Tarif kenaikan harga dari PO Shantika diklaim masih lebih rendah dibandingkan PO lainnya.

“Kenaikan harga tiket kami masih terbilang murah. Trennya setiap tahun memang harga tiket pasti naik, bukan hanya di Shantika saja,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...