Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ribuan Botol Miras di Pati Dimusnahkan Jelang Lebaran

Ribuan Botol Miras di Pati Dimusnahkan Jelang Lebaran
Alat berat sedang memusnahkan botol miras di lingkungan Stadion Joyokusumo. (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Sebanyak 6.958 botol minuman keras (miras) dimusnahkan Polres Pati dan Pemkab setempat, Rabu (27/4/2022). Pemusnahan dilakukan dengan cara digilas dengan alat berat di Stadion Joyokusumo, Kabupaten Pati.

Bupati Pati, Haryanto mengatakan, miras yang dimusnahkan dari berbagai jenis dan merek, yakni mulai dari miras oplosan, merek lokal, hingga bermerek ternama.

Ribuan botol miras ini merupakan hasil pengungkapan dan penangkapan dari sasaran penyelidikan Polres Pati sebagai bentuk upaya pengamanan menjelang malam Hari Raya Idulfitri yang tinggal hitungan jari.

Baca: Mau Ramadan, Miras di Pati Mulai Disikat

“Pemusnahan miras dari cipta kondisi. Ada 6.958 botol miras yang dimusnahkan. Ini bagian dan upaya Polri untuk menciptakan situasi yang aman menjelang Hari Raya Idulfitri,” ujar Haryanto.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada pihak kepolisian terkait pemusnahan ini. Pasalnya ia menilai miras ini sering menjadi pemicu kerusuhan di beberapa tempat di wilayahnya.

“Saya sebagai kepala daerah mengucapkan terima kasih pada jajaran Polri telah mengantisipasi. Karena miras ini sebagai pemicu dan pemacu pertengkaran antarmasyarakat dan kampung,“ terangnya.

Orang nomor satu di Pati ini juga menilai miras memberi pengaruh buruk kepada masyarakat Kabupaten Pati. Banyak kematian diakibatkan karena konsumsi miras oplosan.

Haryanto juga menyebutkan sebelumnya Polres Pati juga sempat melakukan pemusnahan miras. Pada akhir tahun 2021 menjelang Natal, terdapat ribuan botol miras berhasil di musnahkan. Ada sebanyak 7.644 botol yang dimusnahkan saat itu.

Kegiatan itu akan terus dilakukan untuk mengurangi dan mencegah penyakit masyarakat. Ia mengimbau kepada masyarakat untuk merayakan Lebaran dengan aman dan nyaman.

“Hari raya idul fitri ini harus dinikmati aman tentram damai. Lebih-lebih pandemi Covid-19 tidak perlu menunjukkan minum-minuman keras dan lain,” tandas Haryanto.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...