Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Curi Gabah Warga, Pria Klaten Diringkus Polisi

Polisi menunjukkan barang bukti dan memborgol pelaku pencurian gabah di wilayah Kecamatan Trucuk, Rabu (27/4/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

MURIANEWS, Klaten — Polres Klaten berhasil mengungkap pencurian gabah di wilayah Kecamatan Trucuk. Dalam kasus tersebut, polisi mengamankan seorang pelaku bernama Bambang Triyono (37).

Wakapolres Klaten, Kompol Sumiarta menjelaskan, pengungkapan kasus itu bermula dari laporan yang diterima polisi ihwal pencurian gabah di wilayah Desa Kalikebo, Kecamatan Trucuk. Aksi pencurian terjadi, Selasa (19/4/2022) sekitar pukul 02.30 WIB.

Baca: Sepekan Diburu Polisi, Maling Kotak Amal di Tawangmangu Akhirnya Tertangkap

”Korban bernama Partinem kehilangan 12 karung gabah yang diletakkan di teras rumah. Aksi pencurian itu terekam kamera closed circuit television (CCTV),” katanya seperti dikutip Solopos.com, Rabu (27/4/2022).

Ia menjelaskan, pelaku menjalankan aksinya seorang diri. Sehari sebelumnya, Bambang berkeliling menggunakan sepeda motor mencari target gabah yang akan dicuri.

Setelah mendapatkan target gabah yang bakal dicuri, Bambang mendatangi jasa rental mobil dan meminjam satu unit mobil.

”Saat dini hari, pelaku ini mendatangi rumah korban menggunakan mobil rental. Gabah mudah diambil Bambang lantaran diletakkan di teras rumah. Gabah-gabah itu dia masukkan ke dalam mobil,” terangnya.

Baca: Balai Desa Tritis Jepara Disatroni Maling, Gondol Lima Laptop

Gabah hasil curian lantas dibawa ke tempat penggilingan padi di Desa Banyuaeng, Kecamatan Karangnongko. Pelaku diketahui sudah berulang kali menjual gabah di tempat itu dengan harga Rp 4.000 per kg gabah.

”Dari 12 karung gabah yang dicuri pelaku, pelaku mendapatkan uang senilai Rp 1,44 juta,” ungkapnya.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 363 ayat (1) ke-3e KUHP dengan ancaman hukuman selama-lamanya tujuh tahun penjara.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...