Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Polres Jepara Gencarkan Patroli Ramadan, Ini Sasarannya

Polres Jepara Gencarkan Patroli Ramadan, Ini Sasarannya
Ilustrasi: Aktivitas membangun sahur atau tongtek yang meresahkan masyarakat. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS – Jepara – Polres Jepara menggencarkan patroli ketertiban masyarakat selama Ramadan hingga malam Hari Raya Idulfitri. Tongtek dan takbir keliling yang tidak sesuai aturan ditertibkan oleh aparat.

Kapolres Jepara AKBP Warsono, mengungkapkan, ada sejumlah warga melaksanakan tongtek dengan cara yang tak semestinya. Mereka pun diamankan karena menggunakan pengeras suara dan berkeliling desa maupun jalan raya.

“Bahkan menggunakan sound sistem yang besar. Menggunakan musik-musik. Ini banyak masyarakat yang mengeluh,” kata Warsono, Rabu (27/4/2022).

Baca: Takbir Keliling Diizinkan di Jepara, Tapi…

Sebelumnya, pada Minggu (24/4/2022) malam lalu, Polres Jepara menertibkan sejumlah kelompok masyarakat yang kedapatan mengadakan tongtek tak sesuai aturan. Kendaraan pengangkut, sound system dan genset diangkut Polisi ke kantor dan ditilang.

“Sementara kami amankan. Itu juga ada beberapa yang mungkin surat-suratnya tidak lengkap,” jelas Warsono.

Selain tongtek, Warsono juga akan melakukan patroli pada malam takbiran nanti. Pihaknya bahkan sudah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk menjalankan takbiran di musala atau masjid.

Terkait kebijakan ini, Warsono berpijak pada Surat Edaran (SE) Mentri Agama RI Nomor 08 Tahun 2022. Dalam imbauannya, Warsono juga melarang adanya balap liar, menggunakan kendaraan berknalpot keras dan mengganggu, sampai melarang bermain petasan atau sejenisnya.

“Pastinya kami akan patroli pada malam takbiran. Kami akan menyiapkan pengamanan. Dan kaminakan melakukan pemantauan dan penyekatan di beberapa titik,” tegas Warsono.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...