Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Walau Libur Lebaran, ASN di Kudus Ini Tetap Diminta Standby

Apel ASN Pemkab Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah diminta untuk tetap siaga atau standby selama libur Lebaran tahun 2022 ini.

Terutama yang bekerja di bidang pelayanan masyarakat. Mereka, dipersilahkan untuk menikmati libur dan cuti Lebaran, namun juga diharapkan untuk tetap bisa standby saat dibutuhkan pelayanan masyarakat, utamanya di sektor kebencanaan.

“Tetap jaga diri, silahkan menikmati liburannya tapi tetap monitoring selalu karena anomali cuaca ini kan masih tidak menentu,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Kudus Sam’ani Intakoris, Rabu (27/4/2022).

Sementara untuk sektor pelayanan administrasi masyarakat, Samani mendorong masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) untuk memberikan jam pelayanan khusus.

Baca: ASN Kudus Dilarang Mudik Pakai Kendaraan Dinas

Dia mencontohkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) bisa membuka loket pelayanannya untuk para pemudik yang ingin mengurus adminduknya saat di Kudus.

“Jadi pemudik bisa terbantu dengan pelayanan-pelayanan seperti ini, bila memang dari teknis dan SDMnya menunjang, itu bisa dijalankan,” sambungnya.

Sam’ani menamabhkan, sesuai Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor 13 Tahun 2022 yang ditindak lanjuti dengan Surat Edaran Sekretariat Daerah Kabupaten Kudus Nomor 850/2322/26.00/2022 tentang Cuti pegawai ASN selama periode libur nasional dan cuti bersama Idulfitri 1443 Hijriyah, ASN diizinkan libur Lebaran 2022 pada tanggal 29 April dan 4 hingga 6 Mei 2022.

Baca: Truk Adu Banteng di Kudus, Begini Nasib Dua Sopir

Para ASN dilarang menggunakan kendaraan dinas untuk keperluan mudik Lebaran tahun 2022 ini.

Selain untuk kepentingan mudik, para ASN juga diminta untuk tidak menggunakan kendaraan mobil dinas untuk keperluan liburan atau keperluan lain di luar pekerjaan.

“Dari Pak Bupati juga sudah mengingatkan, karena itu mari dilaksanakan bersama-sama,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...