Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

54 Perlintasan Kereta Api di Brebes Tak Dilengkapi Palang Pintu, Pemudik Diminta Hati-Hati

Seorang petugas menjaga perlintasan sebidang kereta api yang telah dilengkapi palang pintu.(Dok. MURIANEWS)

MURIANEWS, Brebes – Para pemudik yang hendak melewati jalur alternatif di Kabupaten Brebes harus meningkatkan kewaspadaan. Pasalnya, di jalur terdapat 54 perlintasan kereta api yang tak dilengkapi palang pintu.

Kepala Bidang Lalulintas Dinas Perhubungan Brebes M Reza Prisman menyebutkan, dari data Dinas Perhubungan, ada 81 perlintasan kereta api di Kabupaten Brebes yang terdaftar di PT KAI. Dari jumlah tersebut, 54 perlintasan di antaranya belum dilengkapi palang pintu.

”Dari 54 itu, beberapa dijaga petugas dan beberapa tidak. Yang dijaga petugas hanya 27 perlintasan saat arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Yang lainnya tidak,” katanya seperti dikutip radartegal.com

Dari 27 perlintasan tersebut, lanjut Reza, 13 di antaranya berasal dari Dishub Brebes. Sementara 14 perlintasan lainnya dijaga oleh petugas PT KAI.

”Dari puluhan perlintasan tak berpalang pintu itu tersebar di wilayah Brebes utara, tengah, dan selatan. Termasuk di jalur alternatif mudik Lebaran. Para pemudik diimbau untuk mewaspadai perlintasan kereta api tersebut,” ungkapnya.

“Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, saat masa mudik Lebaran ini, kami akan melakukan patroli di jam-jam rawan. Dan jika terjadi peningkatan volume kendaraan, pastinya pemudik mencari jalan alternatif. Biasanya, perlintasan tak berpalang pintu itu terdapat di jalur alternatif,” terangnya.

Ditambahkannya, selain menerjunkan anggotanya untuk menjaga perlintasan kereta api, pihaknya juga telah memasang rambu-rambu petunjuk arah. Hal itu sebagai upaya untuk menghindari pemudik tersesat.

“Kami sudah memasang petunjuk arah pada 12 jalur alternatif yang ada di Kabupaten Brebes. Tujuh di antaranya penghubung jalur pantura dan jalur tengah, sisanya jalur tengah dengan jalur selatan,” pungkasnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Radartegal.com

Comments
Loading...