Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Gus Baha: Pencuri Sekalipun Diberi Harapan Dihapus Dosanya

Gus Baha dalam Pengajian Pitulasan Masjid Al Aqsha Menara Kudus, Selasa (26/4/2022) malam. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) dalam acara Pengajian Pitulasan Masjid Al Aqsha Menara Kudus, Selasa (26/4/2022) malam, menyebutkan jika Alquran merupakan sebuah solusi dari semua permasalahan umat manusia di dunia.

Tak hanya itu, Alquran juga memberi harapan bagi umat-umat yang ingin kembali ke jalan yang benar. Alquran dan Islam memberi harapan kehidupan yang lebih baik, mereka akan menghapus semua kesalahan di masa lalu bila ingin bertaubat dan kembali ke jalan yang benar.

Gus Baha pun menceritakan ada sahabat Nabi Muhammad SAW yang terkenal dengan kebengisannya. Namun ketika ia bertaubat, Alquran memberi harapan padanya dengan menjanjikan awal yang baru di mana semua dosa yang telah dilakukannya terampuni semua.

“Betapa hebatnya Islam dan Alquran, mereka datang dengan cara yang baik, datang dengan harapan yang baik, bahkan untuk seorang pencuri sekalipun, tetap diberi harapan akan dihapus semua dosanya bila ingin bertaubat dengan sungguh-sungguh,” kata Gus Baha.

Baca: Tausiah Gus Baha: Masjid Megah Harus Diimbangi Kualitas Salat Jemaahnya

Dia menambahkan, banyak sekali ilmu-ilmu dalam Alquran yang sangat relevan untuk dijadikan solusi permasalahan kehidupan umat manusia di bumi. Satu contoh paling mudah adalah Alquran mengajarkan kita untuk bersyukur dan merasa cukup di tengah rasa ketidak puasan.

“Ingin bahagia di dunia, ya lomo (baik, red) ke sesama, itu ilmu gampang, di Alquran juga sudah diajarkan, jadi inilah betapa Alquran adalah solusi,” ujarnya.

Harapan yang diberikan Alquran, sambung Gus Baha, juga tidak berhenti sampai di situ saja. Mereka para penghafal Alquran, kelak ketika mereka meninggal akan mendapat syafaat yang mulia hingga mereka terbebas dari siksa kubur.

“Alquran bilang kepada malaikat jika orang ini disiksa, maka akan menyiksa Alquran juga, karena dia ada di dalam tubuh orang penghafal Alquran itu, akhirnya tidak jadi disiksa,” tuturnya.

Baca: Gus Baha Ceritakan Betapa Cintanya Muhammad Pada Umatnya

Oleh karena itulah Gus Baha mengajak semua umat Islam untuk meneladani Alquran mengingat seburuk-buruknya orang hidup di dunia pun tetap diberi harapan oleh Alquran. Mereka yang soleh solehah pun mendapat apresiasi dan hadiah dari Alquran.

“Biasa-biasa juga tetap dijamin, oleh karena itulah Nabi Muhammad SAW ingin Islam punya banyak umat, ya karena mukzizatnya adalah Alquran ini. Coba kalau tongkat, semua tidak bisa mengamalkan. Tapi kalau Alquran, semua bisa mengamalkan dan dijamin keselamatannya sampai Hari Kiamat,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...