Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

TAUSIYAH RAMADAN

Puasa Ajarkan Kesederhanaan

Rektor Universitas Muhammadiyah Kudus Rusnoto, SKM., M.Kes

PUASA selalu mengajarkan kesederhanaan. Kesederhanaan itu dapat dilakukan lewat beberapa hal.

Hal ini seperti sikap Rasulullah yang selalu mengajarkan kesederhanaan. Orang yang berpuasa pun dihadapkan pada kesederhanaan.

Pertama, kesederhanaan yang dimaksud yakni menahan lapar dan dahaga. Secara tidak langsung, umat muslim diajak untuk menerima sesuatu yang lebih besar.

Kedua, yakni sebagai seorang pemeluk agama Islam diajarkan untuk makan dan minum secukupnya. Sehingga antara golongan yang mampu maupun yang tidak mampu memiliki porsi yang sama.

Ketiga, berpuasa mengajarkan seorang muslim meningkatkan kepedulian terhadap orang lain. Salah satunya golongan mampu membantu golongan kurang mampu. Sehingga mewujudkan jiwa keikhlasan.

Makna kesederhanaan di bulan Ramadan dapat diwujudkan dengan bersedekah. Hal ini lebih baik jika dibandingkan dengan bermewah-mewahan saat berpuasa. Salah satunya dengan tidak berbuka puasa berlebihan.

Selain itu, kesederhanaan dalam berpuasa juga dapat dilakukan dengan menahan nafsu untuk tidak terlalu konsumtif. Melainkan menggantinya dengan bersedekah kepada yang membutuhkan, sehingga dapat menjadi amal baik di bulan Ramadan.

Sebab, bersedekah dapat menjadikan orang lain menjadi bahagia. Karena orang yang diberi sedekah merasa terbantu dan ikut merasakan kebahagiaan.

Di bulan Ramadan ini hendaknya juga memperbanyak pahala. Mulai dari menjalankan zakat, bersedekah, membaca Alquran, dan lainnya.

Setelah melewati puasa Ramadan, budaya bersilaturahmi saat Idulfitri juga diperlukan. Hal ini menjadi momen untuk saling berbagi dan bermaaf-maafan.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...