Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Fungsi Lampu Kota pada Mobil yang Penting Diketahui

Ini Fungsi Lampu Kota pada Mobil yang Penting Diketahui
Foto: Ilustrasi lampu kota mobil (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus– Lampu kota adalah kelengkapan penerangan pada kendaraan bermotor, selain lampu utama. Meski demikian keberadaan lampu kota, khususnya pada mobil masih dianggap sepele.

Sejauh ini, fungsi lampu kota pada mobil ternyata masih belum begitu dipahami pengendara. Akibatnya, penggunaan lampu kota pun sering kali kurang sesuai.

Melansir dari Auto2000, lampu kota adalah salah satu bagian dari sistem penerangan pada kendaraan. Ya, lampu kota tidak hanya ada pada mobil, tapi juga kendaraan bermotor lainnya seperti sepeda motor, truk, dan bus. Istilah “lampu kota” sendiri hanya digunakan di Indonesia.

Baca juga: Lampu Alarm Mobil Tidak Berkedip? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Istilah internasional untuk lampu kota adalah “clearance light” atau ada juga yang menyebut dengan sebutan “tail light”. Disebut dengan clearance light karena lampu ini berguna untuk memberitahukan jarak lebar kendaraan.

Sementara tail light sendiri berarti lampu belakang atau lampu ekor. Ini karena lampu kota juga terdapat di bagian belakang mobil. Lampu satu ini disebut dengan nama “lampu kota” di Indonesia karena wajib dinyalakan di jalanan perkotaan.

Baik kendaraan besar maupun kecil memang diharuskan untuk menyalakan lampu kota, termasuk pada siang hari.

Fungsi Lampu Kota pada Mobil

Dari poin di atas, Anda mungkin sudah bisa menebak apa fungsi dari lampu kota pada mobil. Ya, fungsi utama lampu kota pada mobil adalah untuk memberitahukan keberadaan mobil Anda kepada pengguna jalan lainnya.

Dengan menyalakan lampu kota, pengendara lain bisa tahu bahwa ada sebuah kendaraan dengan ukuran lebar sekian sedang melintas di jalan yang sama.

Lampu kota sangat bermanfaat di malam hari atau di kondisi yang minim cahaya seperti saat turun kabut. Dengan adanya lampu kota, maka pengendara bisa mengetahui keberadaan kendaraan lain sehingga risiko terjadinya kecelakaan pun dapat diminimalisir.

Jadi, tidak heran kalau kendaraan-kendaraan besar memasang lampu kota yang mudah terlihat agar pengguna jalan lain dapat memperkirakan ukurannya.

Letak Lampu Kota pada Mobil

Pada mobil, lampu kota terletak di bagian depan sekaligus belakang mobil. Untuk lampu kota bagian depan, letaknya dekat dengan lampu kepala (headlight).

Lampu kota bagian depan dapat dinyalakan tunggal atau bersamaan dengan lampu kepala. Sedangkan lampu kota bagian belakang menyatu dengan lampu rem. Fungsi lampu kota bagian belakang pun sama seperti lampu kota bagian depan, yaitu sebagai isyarat bagi kendaraan lain. Dengan adanya lampu kota belakang, maka kendaraan yang ada di belakang bisa memperkirakan ukuran lebar mobil Anda.

Cara Menyalakan Lampu Kota

Untuk menyalakan lampu kota, Anda cukup mengaktifkan saklarnya. Saklar lampu kota menyatu dengan saklar lampu kepala (headlight switch). Putar saklar ke depan satu kali, maka lampu kota pun akan menyala.

Biasanya, lampu LED mobil yang ada di bagian plat nomor serta lampu dashboard juga akan ikut menyala saat Anda memutar saklar lampu kota.

Jika lampu kota mobil Anda sudah meredup, segera lakukan penggantian. Berkendara dengan lampu kota yang tidak berfungsi normal hanya akan membahayakan keselamatan Anda. Gantilah lampu kota redup dengan lampu baru yang bisa dilihat dengan jelas oleh pengendara lain di jalan.

Jadi, fungsi lampu kota adalah sebagai isyarat kepada kendaraan lain untuk memberitahukan keberadaan kendaraan Anda. Lampu ini sangat berguna pada kondisi yang minim cahaya. Mengingat betapa pentingnya fungsi lampu kota, sebaiknya Anda rutin melakukan pengecekan.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: auto2000.co.id

Comments
Loading...