Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mencicipi Kue Iwak, Kuliner Ramadan Khas Sidayu Gresik yang Rasanya Enak Tenan

Mencicipi Kue Iwak, Kuliner Ramadan Khas Sidayu Gresik yang Rasanya Enak Tenan
Foto: Kue iwak khas Sidayu Gresik (NU Online Jatim)

MURIANEWS, Kudus– Kue iwak adalah salah satu kuliner khas Ramadan dari Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Saat bulan Ramadan, penjual kue iwak ini mudah ditemukan di berbagai tempat.

Di antaranya adalah di Alun-alun Sidayu dan di halaman depan Masjid Kanjeng Sepuh. Kue iwak biasa dijajakan selepas Asar hingga menjelang Isak.

Melansir dari NU Online Jatim, sesuai namanya, kue iwak adalah jajanan yang memasukkan unsur ikan sebagai bahannya. Biasanya jenis udang. Bahan-bahannya juga simpel. Yaitu tepung beras, kelapa atau santan, dan udang.

Baca juga: Es Ta’al, Kuliner Khas Sumenep yang Jadi Incaran saat Berbuka Puasa

Cara memasaknya juga mudah. Pertama, santan dipanaskan setelah itu tepung beras dimasukkan ke dalam cairan santan, lalu diaduk sampai rata. Begitu masak, adonan santan dan tepung tersebut lantas dikukus sekitar 30 menit.

Setelah selesai dikukus, langkah selanjutnya ialah menyiramkan santan kental di atas adonan. Lima menit kemudian baru udang goreng yang diiris-iris kecil macam abon ditaburkan di atas kue tersebut. Selesai, kue iwak siap dinikmati.

Warga Sidayu Miftahurrahman mengatakan, kue iwak adalah jajanan khas Gresik yang rasanya gurih dan sudah mentradisi sejak dulu. Biasanya, di Sidayu kue iwak biasa disajikan saat buka puasa Ramadan.

“Selain bonggolan dan krupuk ikan, kue iwak ini yang menjadi ikon Sidayu,” kata Miftah.

Anggota Satuan Koordinasi Rayon Banser Sidayu itu menuturkan, jajanan seperti itu merupakan bagian dari citra daerah. Untuk itu, ia berharap pemerintah dan masyarakat lokal sama-sama menjaga kualitas dan melindungi.

“Alhamdulillah semoga ini bisa dipertahankan menjadi ikon Sidayu,” ujar Miftah.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: jatim.nu.or.id

Comments
Loading...