Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Asnawi Mangkualam Disebut Bisa Gabung Timnas Indonesia U-23

Asnawi Mangkualam
Asnawi Mangkualam disebut bisa bergabung Timnas Indonesia U-23. (Ansangreeners)

MURIANEWS, Jakarta- Meskipun sampai saat ini belum ada kepastian ijin dari klubnya, Asnawi Mangkualam disebut bisa bergabung dengan Timnas Indonesia U-23. Pernyataan ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, Selasa (26/4/2022).

Sekjend PSSI Yunus Nusi menyatakan Asnawi Mangkualam bisa membela Timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga di SEA Games 2021 (SEA Games2022) Vietnam. Terlepas sampai saat ini belum ada kejelasan dari Ansan Greeners, klub yang menaungi Asnawai Mangkualam.

“Asnawi bisa [pulang ke Indonesia dan membela Timnas U-23],” kata Yunus Nusi, dilansir dari CNNIndonesia.com, Selasa (26/4).

BACA JUGA: Pelatih Ansan Greeners Merasa Keberatan Lepas Asnawi Ke Timnas Indonesia

Namun demikian, Yunus Nusi belum memperinci waktu kedatangan Asnawi Mangkualam ke Indonesia. Termasuk kapan pemain ini akan bergabung dengan rekan-rekannya yang lain di Timnas Indonesia U-23.

Sebelumnya, pelatih Ansan Greeners Cho Min Kook masih belum setuju melepas Asnawi ke Timnas Indonesia. Hal itu disebabkan karena, pihaknya merasa sangat membutuhkan peran Asnawi Mangkualam di Ansan Greeners.

Ansan Greeners sendiri sampai saat ini sedang berjuang di K-2 League. Dari sebelas pertandingan mereka, belum satu kalipun mereka memetic kemenangan. Sebanyak enam pertandingan mereka berakhir dengan hasil imbang. Sementara lainnya menderita kekalahan.

Ansan Greeners juga masih masih mempertimbangkan status SEA Games yang tidak masuk kalender FIFA. Dengan situasi itu, klub memiliki hak untuk menahan pemain mereka untuk membela negara.

“Jika saya membiarkan [Asnawi] pergi, saya takut kekuatan tim hilang. Tapi jika saya tidak mengizinkannya pergi, saya mengkhawatirkan Shin Tae Yong,” kata Cho Min-kook dikutip dari Chosun.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong bahkan datang langsung ke markas Ansan Greeners di Ansan Wa Stadium dan bertemu dengan General Manager Ansan Greeners, Kim Jin-hye untuk melobi tim agar setuju melepas Asnawi. Namun hasilnya masih belum dipastikan.

“Timnas [Indonesia] punya pemain yang berkarier di Eropa untuk dijadikan flank, sehingga Asnawi bisa dipasang sebagai bek. Di Asia Tenggara, dia punya kualitas tinggi. Jika ada lima pemain seperti Asnawi, kami bisa menang,” ujar Shin Tae Yong, menunjukan betapa pentingnya Asnawi untuk timnya di SEA Games.

 

Penulis: Budi Erje
Editor: Budi Erje
Sumber: CNN Indonesia

Comments
Loading...