Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Menhub Imbau Warga Tak Mudik pakai Motor, Bahaya!

Menhub Imbau Warga Tak Mudik pakai Motor, Bahaya!
Arus lalu lintas di gerbang Kudus Kota Kretek, Kamis (30/5/2019). (MURIANEWS.com/Dian Utoro Aji)

MURIANEWS, Jakarta- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudik menggunakan sepeda motor. Hal itu lantaran resikonya cukup tinggi, mengingat jumlah pemudik tahun ini dipastikan membludak.

Pihaknya juga memprediksi bahwa puncak arus mudik akan terjadi pada kamis (28/4/2022) hingga Sabtu (30/4/2022).

“Sepeda motor ini memang satu hal yang memang sangat berbahaya. saya tidak bermaksud apa-apa, diimbau sekiranya jangan menggunakan sepeda motor,” kata Budi, dikutip dari detik.com, (26/4/2022).

Budi mengatakan, dari sebaran data yang ada, kecelakaan motor dinilai cukup tinggi. Sehingga akan lebih baik apabila warga yang hendak mudik, bisa mengikuti mudik geratis atau menggunakan jasa transportasi bus.

Baca: Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman Sudah ‘Mudik’ Duluan

“Motor adalah satu kendaraan yang tidak aman ketiak digunakan jarak jauh, dari data angka kecelakaan tinggi sekali,” kata dia.

Dia mengimbau masyarakat untuk menghindari mudik dengan motor. Terlebih bagi masyarakat yang akan menempuh jarak cukup jauh.

“Kita mengimbau berulang-ulang seyogyanya tidak pulang dengan motor karena resiko nya tinggi apalagi sampai Semarang atau Surabaya dan sebagainya. Bayangkan kita berjalan kalau masih 50 Km masih oke. Tapi ini 300 Km bahkan lebih dari itu. Memang kita tidak menyarankan untuk mudik menggunakan motor,” sambungnya.

Sebagai antisipasi, pihaknya meminta masyarakat untuk mengikuti program mudik motor gratis yang sudah disediakan pemerintah.

Baca: ASN Kudus Dilarang Mudik Pakai Kendaraan Dinas

“Kami bersama kepolisian dan beberapa pihak menyediakan mudik motor gratis. Jadi orangnya naik bis, motornya naik truk. Mereka bayar kereta api, motornya gratis. Di kapal kita sediakan besok tanggal 26-29 (April) juga gratis juga. Jadi ikuti program itu masih tersedia,” pungkasnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...