Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

KPU Butuh Dana Segar Rp 8 Triliun untuk Memulai Tahapan Pemilu 2024

KPU Butuh Dana Segar Rp 8 Triliun untuk Memulai Tahapan Pemilu 2024
Gedung KPU RI (kompas.com)

MURIANEWS, Jakarta- Komisi Pemilihan Umum (KPU) membutuhakn dana segar sekitar Rp 8 triliun untuk memulai tahapan pemilu 2024. Apalagi, dalam waktu dekat, yakni pada Juni mendatang tahapan sudah mulai dilakukan.

Komisioner KPU Yulianto Sudrajat mengatakan, dana segar itu nantinya akan digunakan untuk pembukaan pendaftaran partai politik (parpol) peserta pemilu. Selain itu juga digunakan untuk seleksi badan ad hoc.

“Asumsinya dari Rp76 triliun, Rp8 triliun untuk kebutuhan 2022,” kata Yulianto, dikutip dari CNNIndonesia.com, Selasa (26/4/2022).

Baca: KPU Pilih Tetap Siapkan Pemilu Meski Muncul Isu Penundaan

Kendati demikian, hingga saat ini pihaknya belum emndapatkan kepastian kapan dana pemilu akan turun. Sehingga, pihaknya pun was-was mengingat kebutuhan awal itu juga cukup penting.

Oleh karena itu, mereka mengajak DPR dan pemerintah untuk membahas peraturan KPU tentang tahapan, jadwal, dan program.

“Habis tahapan, nanti kita ke anggaran dan anggaran sudah kita kaji terus sampai berapa sih anggaran yang bisa kita efisiensi,” ujarnya.

“Seperti kita kurangi perbaikan gedung, pembelian tanah beberapa kabupaten, kota, provinsi yang sebenarnya sudah kita alokasikan. Nanti kita kerja sama difasilitasi pemda setempat,” ujarnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: CNNIndonesia.com

Comments
Loading...