Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah Tanggal 26 April: Meledaknya Reaktor Nuklir di Chernobyl Ukraina Tahun 1986

Catatan Sejarah Tanggal 26 April: Meledaknya Reaktor Nuklir di Chernobyl Ukraina Tahun 1986
Foto: Lokasi reaktor nuklir di Chernobyl Ukraina yang meledak di tahun 1986 (wikipedia.org)

MURIANEWS, Kudus– Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 26 April dari tahun ke tahun. Berikut ini, catatan sejarah tanggal 26 April yang terjadi di berbagai negara yang dihimpun Solopos.com dari beberapa sumber:

1803

Ribuan serpihan meteor jatuh di kawasan L’Agile, Prancis. Peristiwa itu membuat para ilmuwan di Eropa meyakini bahwa benda langit dapat jatuh ke bumi.

1865

Pasukan militer Amerika Serikat (AS) menembak mati orang yang dianggap sebagai pembunuh Presiden AS Abraham Lincoln, yakni John Wilkes Booth. Booth menembak mati Presiden Lincoln saat sang presiden sedang menonton teater di Washington D.C. bersama istrinya beberapa hari sebelumnya.

1933

Kesatuan polisi rahasia milik pemerintahan Nazi Jerman, Gestapo, resmi didirikan. Gestapo memiliki tugas utama memantau dan membasmi lawan-lawan politik yang berusaha menentang pemerintahan Nazi Jerman.

1944

Petinggi militer Jerman Heinrich Kreipe yang memimpin invasi Jerman ke Pulau Kreta, Yunani ditangkap Sekutu di pulau tersebut. Ia lantas dibebaskan sekitar 13 tahun kemudian. Kreipe adalah anggota militer Jerman yang ikut andil pada masa Perang Dunia I dan Perang Dunia II.

1944

Prof. H. Muhammad Amien Rais, M.A., Ph.D. (lahir 26 April 1944) adalah politikus Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Ketua Majelis Syuro Partai Ummat sejak awal dideklarasikan pada tanggal 29 April 2021.

Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia sejak 3 Oktober 1999 hingga 30 September 2004. Ia dikenal sebagai tokoh Muhammadiyah.

1945

Pasukan Filipina bersama tentara Amerika Serikat (AS) menyerang pasukan Jepang di Kota Baguio, Filipina. Mereka berusaha mengusir Jepang yang menduduki Kota Baguio. Jepang akhirnya kalah dalam peristiwa yang disebut Pertempuran Pembebasan Baguio itu.

1986

Reaktor nuklir di Chernobyl, Ukraina meledak dan mengempaskan awan radioaktif ke angkasa. Radiasi yang disebabkan ledakan tersebut menyebar hingga ke beberapa negara lain di Eropa. Ledakan tersebut dianggap sebagai bencana nuklir terbesar sepanjang sejarah manusia.

1989

Tornado besar menyapu Kota Saturia, Bangladesh. Sebanyak 80.000 orang kehilangan tempat tinggalnya dan lebih dari 1.300 orang tewas karena sapuan tornado. Tornado di Banghladesh itu adalah satu yang terbesar yang pernah terjadi di era modern.

1991

Bintang sepak bola Diego Maradona ditangkap polisi di Argentina. Ia ditangkap atas tuduhan penggunaan kokain. Maradona juga dituduh sebagai pemilik dan pengedar sejumlah obat-obatan terlarang lainnya.

2005

Sebanyak 14.000 tentara Suriah ditarik dari Lebanon setelah didesak banyak negara. Penarikan pasukan militer itu sekaligus mengakhiri kontrol Suriah terhadap Lebanon yang sudah berlangsung selama 29 tahun.

2013

Muhammad Jefri Al Buchori atau lebih dikenal sebagai Ustadz Jefri Al Buchori adalah pendakwah, aktor yang akrab disapa Uje, meninggal di usia 40 tahun pada 26 April 2013 setelah sepeda motor yang dinaikinya hilang kendali dan menabrak pohon

2018

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 26 April 2018 menetapkan Hari Kesiapsiagaan Bencana yang diinisiasi BNPBpada 26 April 2017 dilatarbelakangi 10 tahun ditetapkannya Undang-Undang No.24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Comments
Loading...