Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Hasil Survei Indikator Politik: Warga Kurang  dengan Kinerja Jokowi

Hasil Survei Indikator Politik: Warga Kurang  dengan Kinerja Jokowi
Presiden Jokowi (YouTube Sekretariat Presiden)

MURIANEWS, Jakarta- Lembaga Survei indikator Politik Indonesia telah melakukan survei untuk menetahui kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hasilnya, masyarakat tidak puas dengan kinerja Jokowi saat ini.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menjelaskan metode survei dengan populasi memiliki hak pilih berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling, jumlah sampel sebanyak 1.220 orang.

Dari jumlah sampel 1.220 orang, margin of error atau toleransi kesalahan sebesar +- 2,9 % dengan tingkat kepercayaan 95%. Sampel berasal dari seluruh provinsi di Indonesia dengan teknik wawancara tatap muka langsung.

Baca: Gegara Jokowi, Petani Sawit Riau Menangis

“Survei dilakukan pada 14-19 April 2022, setelah demo mahasiswa menolak penundaan pemilu dan penetapan tersangka kasus minyak goreng oleh Kejaksaan Agung. Survei dinamis dan dapat berubah-ubah dengan kondisi ekonomi hingga politik,” katanya dalam rilis yang diterima, Selasa (26/4/2022).

Responden diberikan pertanyaan: Secara umum, apakah sejauh ini Ibu/Bapak sangat puas, cukup puas, kurang puas, atau tidak puas sama sekali dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi)?

Responden yang menjawab angat puas:10,2%, cukup puas: 49,7%, kurang puas: 30,5%, tidak puas: 8,1%, dan tidak tahu/tidak jawab: 1,5%.

Baca: Jokowi Larang Ekspor Minyak Goreng, Ini Kata Pengusaha Sawit

“Di bulan April 14 sampai 19 April, yang puas atau sangat puas itu kalau total 59,9%, yang kurang puas 38,6%, jadi lebih banyak yang puas. Bagaimana trennya? Trennya ada penurunan,” kata Burhanuddin.

Dia menjelaskan, pada awal Januari 2022, saat itu masyarakat yang puas akan kinerja Jokowi 75,3%. Kepuasan terhadap kinerja Jokowi itu tertinggi selama pemerintahannya, tapi menjelang April trennya turun.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar

Comments
Loading...