Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Peserta BPJS Ketenagakerjaan Jepara Terima JKP

Peserta BPJS Keternagakerjaan Jepara Terima JKP
Penyerahan manfaat Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Jepara. (MURIANEWS/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Untuk pertama kalinya, pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Jepara menerima Jaminan Kehilangan Pekerjaan, Selasa (26/4/2022).

Faidun Nuha, adalah salah satu peserta BPJS Ketenagakerjaan yang memperoleh manfaat JKP tersebut. Sebelumnya, dia terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dari PT Century Jepara.

Karena dia menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, Nuha memiliki hak untuk mendapatkan manfaat JKP itu. Hari ini, Selasa (26/4/2022), dia menerima pencairan uang senilai Rp 948.781 untuk bulan pertama.

Baca: Alhamdulillah, Klaim Asuransi 14 Nelayan yang Meninggal Cair

“Saya sangat terbantu dengan proses ini. Meskipun saya diPHK, saya tetap mendapatkan penghasilan untuk beberapa bulan ke depan,” kata Nuha, saat menerima manfaat JKP di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Jepara.

Sementara itu, Dewan Pengawas BPJS, M Aditya Warman, menyebut pencairan manfaat JKP ini merupakan yang pertama kali. Karena memang program ini merupakan program baru dari BPJS Ketenagakerjaan.

“Program ini untuk mancakup kebutuhan anggota BPJS yang kehilangan pekerjaan. Ada banyak manfaatnya,” ujar Aditya.

Pihaknya menjelaskan, para peserta yang ter-PHK mendapatkan bantuan tunai maksimal Rp 10,5 juta dalam jangka waktu enam bulan. Dengan rincian tiga bulan pertama 45 persen dan tiga bulan berikutnya 25 persen dengan total maksimal gaji yang dihitung adalah Rp 5 juta.

Selain menyerahkan manfaat JKP, Aditya juga menyerahkan santunan Jaminan Kematian. Dalam kesempatan itu, yang menerima yaitu ahli waris salah satu nelayan yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Pihaknya juga menyerahkan beasiswa pendidikan bagi ahli waris salah satu pegawai Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jepara yang sudah wafat.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...