Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jenang Kudus Laris Manis, Sehari Produksi Satu Ton

Pembeli memilih produk jenang di outlet Jenang Karomah, Selasa (26/4/2022). (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Jenang Kudus menjadi penganan yang laris manis menjelang Lebaran 2022. Bahkan produsen jenang kudus dalam sehari bisa memproduksi hingga satu ton.

Ini setidaknya yang dilakukan oleh Jenang Karomah Kudus di Jalan Sosrokartono, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Sang pemilik, Masfuah Enti Aliyah mengatakan ia harus meningkatkan produksi karena banyaknya permintaan.

Masfuah mengatakan, permintaan jenang dan madumongso tahun ini lebih ramai jika dibandingkan dengan dua tahun terakhir saat pandemi Covid-19 merebak. Tahun lalu, dia hanya memproduksi 500 kilogram sehari untuk jenang dan madumongso.

“Tahun ini lebih banyak karena sehari menghabiskan satu ton untuk membuat jenang dan madumongso,” katanya, Selasa (26/4/2022).

Baca: Jenang Rasa Unik di Kudus Ini Hanya Muncul saat Lebaran

Dia menyampaikan, pembelian jenang dan madumongso mulai ramai sejak sepekan terakhir. Pembelinya berasal dari beberapa daerah. Seperti Kudus, Pati, Rembang, Lampung, dan lainnya.

Harga jenang di tempatnya dijual seharga Rp 40 ribu per kilogram. Harga tersebut untuk berbagai varian jenang.

Di antaranya jenang mocca wijen, jenang rasa durian, jenang kombinasi, jenang kacang hijau, jenang kacang, jenang coklat susu, jenang ketan hitam, dan jenang rasa jahe.

“Kalau Madumongso harganya Rp 80 ribu per Kilogram,” ujarnya.

Baca: Jelang Lebaran, Produsen Jenang di Kudus Kebut Produksi

Sementara itu, salah seorang pembeli, Dewi Andria mengaku sudah menjadi pelanggan di Oleh-Oleh Jenang Karomah. Setiap menjelang lebaran Idulfitri, dia selalu membeli jenang untuk dikonsumsi bersama keluarga.

“Pasti ke sini. Rasanya enak dan manis, tetapi rasanya tidak nyegrak,” jelasnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...